Jadwal Padat Timnas Indonesia, Harus Cerdik Lakukan Rotasi

Timnas Indonesia di SEA Games 2021
Sumber :
  • twitter.com/PSSI

VIVA – Timnas Indonesia berhasil menang 4-1 saat berhadapan dengan Timnas Timor Leste dalam lanjutan Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Vietnam pada Selasa malam WIB 10 Mei 2022.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Indonesia membuka keunggulan melalui gol Egy Maulana Vikri pada menit 16. Itu menjadi satu-satunya gol skuad Garuda pada babak pertama.

Memulai babak kedua, Witan Sulaeman menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0 pada menit 52. Selang enam menit kemudian, giliran Fahcrudin Aryanto yang mencatatkan nama di papan skor.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Timor Leste memecah kebuntuan mereka pada menit 69 melalui aksi Mouzinho. Lalu di menit 77, Witan kembali mengukir nama di papan skor.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan kemenangan ini menjadi penting bagi anak asuhnya. Mereka menyisakan dua laga lagi melawan Filipina dan Myanmar.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Kedua pertandingan itu wajib dimenangkan untuk bisa lolos ke babak semifinal. Di tengah jadwal padat, dia harus pintar mengatur rotasi pemain.

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol.

Photo :
  • https://www.pssi.org/

Salah satu yang dilakukan juru taktik asal Korea Selatan itu adalah menarik keluar Egy Maulana Vikri pada awal babak kedua. Saddil Ramdani yang masuk menggantikannya.

Penampilan Egy di lini depan terbilang bagus karena dia punya beberapa peluang juga. Tapi, Shin Tae-yong punya alasan lain dengan menariknya keluar.

"Egy sengaja ditarik keluar karena kami ingin menyimpan tenaganya. Karena masih ada pertandingan berikutnya melawan Filipina," ujar Shin Tae-yong usai pertandingan.

Shin Tae-yong juga tak memikirkan berapa banyak gol yang bisa diciptakan oleh anak asuhnya ke gawang lawan. Satu hal yang dia tekankan cuma tiga poin di dua laga sisa.

"Yang penting kami bisa menang atas Filipina dan Myanmar. Jadi tidak penting lagi selisih gol," tuturnya.

Sementara ini Indonesia masih ada di urutan keempat klasemen Grup A SEA Games 2021 dengan raihan tiga angka. Myanmar dengan enam poin di urutan teratas.

Filipina yang sudah memainkan tiga laga ada di peringkat kedua dengan empat poin. Mereka unggul selisih gol dari Vietnam yang menempati urutan ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya