I Putu Gede Pimpin Kegiatan Perdana PSMS, Agenda Trial Calon Pemain

Pelatih PSMS Medan, I Putu Gede Swisantoso
Sumber :
  • VIVA/B.S.Putra

VIVA – Usai liburan panjang pasca berakhirnya Liga 2 musim 2021 lalu. I Putu Gede langsung memimpin aktivitas perdana PSMS Medan di Stadion Bunga, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu sore, 11 Mei 2022. Dengan agenda trial puluhan calon pemain.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Kegiatan ini, langsung disaksikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, sejumlah pejabat di Pemerintahan Provinsi Sumut serta Pemerintah Kota Medan dan pengurus PSMS Medan.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengungkapkan trial puluhan calon pemain untuk mencari pemain berasal dari Sumut. Namun, sang pelatih juga sudah mengantongi sejumlah nama pemain nasional untuk bergabung ke Ayam Kinantan.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

"Pertama-tama kita mencari pemain sampai nanti hari Sabtu. Ada pemain-pemain yang sudah kita ambil, tapi (trial) ini kita cari orang-orang Sumatera Utara kita kumpulin, bisa dibilang pelapis kita bikin untuk persiapan ke depan," sebut Gubernur Edy kepada wartawan.

Mantan Ketua Umum PSSI itu, memiliki catatan evaluasi bagi PSMS Medan. Dimana, klub kebanggaan warga Kota Medan berhenti di 8 besar Liga 2 Nasional kekurangan pemain. Hal itu, menurutnya harus segera diperbaiki oleh Pelatih PSMS Medan yang baru itu, Putu Gede.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

"Jangan sampai kayak kemarin (musim lalu), kita sampai kekurangan pemain. Kelemahan kita di Liga 2 kemarin itu memang sampai ke 8 besar, tapi kita kekurangan pemain," ucap Gubernur Edy.

Pria yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat PSMS ini tak lupa memberikan pesan kepada sang pelatih kepala untuk mencari pemain-pemain muda bertalenta.

"Harus dia perhitungkan pemain-pemain muda ini, kalau mereka berbakat, itu kita ambil untuk lapisan kedua," harapnya.

Mantan Pangkostrad itu, berpesan dan berharap PSMS beserta dua tim asal Sumut lainnya yang berlaga di Liga 2 musim ini, Karo United dan PSDS Deli Serdang, juga harus mempersiapkan timnya untuk berlaga di Liga 2 Nasional.

"Kita kan sudah ada tiga (tim) ini, Karo (United), PSDS sama PSMS. Kita berharap diantara ketiga ini minimal satu harus masuk ke Liga 1. Tiga-tiganya adalah miliknya kita, miliknya Sumut. Semua akan saya support," kata Gubernur Edy.

Sementara itu, Pelatih PSMS Medan, Putu Gede menyebutkan trial ini diikuti 42 peserta. Ia pun tak lupa memuji antusias para pemain yang ikut trial. Bahkan berkisar 90 persen pemain asal Sumut dalam trial ini.

"Saya melihat antusias pemain cukup tinggi. Ada kemauan untuk bersaing. Beberapa nama sudah terlihat, mungkin hari kedua semakin kelihatan lagi. Dari keseluruhan potensi ada. Saya ingin pemain sesuai kebutuhan tim, bisa bermain di bawah tekanan," jelas Putu Gede.

Eks juru taktik PSS Sleman ini tentu tak ingin asal-asal dalam memilih pemain. Apalagi target tinggi diberikan, yakni membawa PSMS ke Liga 1 musim depan.

Sementara Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang menegaskan, pemilihan pemain sepenuhnya merupakan wewenang pelatih. Dia pun berharap pemain putra daerah mampu menunjukkan kualitas demi memikat sang pelatih kepala.

Ditambahkan, setidaknya ada 10 pemain di luar pemain trial yang sudah mencapai kata sepakat dengan manajemen PSMS.

"5 Pemain lagi masih tahap nego dan sisanya dari pemain trial ini. Kami harap tanggal 16 semua sudah beres untuk latihan perdana," kata Mulyadi.

Meski demikian, Mulyadi belum mau membeberkan nama-nama pemain rekrutannya itu, termasuk nama-nama pemain dari musim lalu.

"Ada dari Liga 1 dan Liga 2. Deal sudah 90 persen, nanti kita cek lagi kondisinya seperti apa? Semoga tidak cedera. Setelah itu baru diumumkan," tutur Mulyadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya