Nasib Timnas U-23 di SEA Games, Potret Miris Sepakbola Indonesia

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol.
Sumber :
  • https://www.pssi.org/

VIVA – Timnas Indonesia U-23 harus melalui laga hidup mati untuk lolos ke semifinal SEA Games 2021. 

Shin Tae-yong Bicara Kekuatan Australia U-23

Garuda Muda akan menghadapi Myanmar pada laga pamungkas Grup A di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu 15 Mei 2022.

Indonesia untuk sementara berada di peringkat kedua dengan poin enam dari tiga pertandingan. Poin Indonesia sama persis dengan Myanmar di peringkat ketiga.

Pemain Indonesia U-23 Sedang Down, STY Berharap Suporter Bantu

Skuad Garuda Muda berhak berada di puncak karena unggul selisih gol yakni +4 berbanding +2 milik Timnas Myanmar U-23.

Enam poin yang dikumpulkan Indonesia berasal dari dua kemenangan melawan Timor Leste (4-1) dan melawan Filipina (4-0). 

Teka-teki Justin Hubner Main saat Indonesia U-23 Vs Australia U-23

Hanya saja, pada laga perdana, Indonesia hancur lebur di tangan Vietnam dan harus menyerah tiga gol tanpa balas.

Vietnam vs Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Photo :
  • Twitter/@PSSI

Kini, publik pecinta sepakbola Indonesia pun was-was dengan nasib timnasnya. Jika kalah, pasukan Shin Tae-yong harus angkat koper lebih cepat. Padahal, sejak awal digembar-gemborkan untuk meraih medali emas.

Pengamat sepakbola nasional, Tommy Welly mengatakan, saat ini terdapat perubahan pola pikir publik dengan skuad Garuda. Menurutnya, publik terbuai dengan kemenangan atas Timor Leste dan Filipina.

Padahal, dalam kontek sepakbola Asia Tenggara, dua tim tersebut selama ini bukanlah lawan yang selevel dengan Indonesia.

Harusnya menurut Towel, pola pikir publik terhadap Timnas Indonesia saat ini adalah berada di final, dan menungugu siapa lawan di partai puncak, bukan malah was-was untuk lolos ke semifinal.

"Ya kita apresiasi menang setelah lawan Vietnam, tapi tak boleh puas karena level Indonesia di atas Timor Leste dan Filipina. Harusnya pola pikir di final dan lawan siapa. Jadi konteksnya apakah indonesia sejajar dengan Vietnam?' kata Towel kepada VIVA.

"Maksud saya cara berpikir seperti itu yang harus ada. Jadi posisi kita itu di mana? di atas Timor Leste? Atau sejajar VIetnam, atau di bawah Vietnam dan Thailand?' kata Towel.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Towel itu menyebut, perubahan pola pikir tersebut juga tak lepas dari performa Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Pengamat Sepak Bola, Tommy Welly

Photo :
  • Instagram.com/@bungtowel8

"Publik sudah sangat bersabar. Jadi publik jangan terbuai dengan kemenangan melawan Filipina dan Timor Leste. Seharusnya pola pikir kita, apakah Indonesia sudah sejajar dengan Thailand dan Vietnam, itu yang penting," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya