Syarat Timnas Indonesia Bisa Hajar Thailand di Semifinal SEA Games

Legenda Timnas Indonesia, Singgih Pitono
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Mantan penyerang Timnas Indonesia medio 1990-an, Singgih Pitono, berharap skuad Garuda meraih kemenangan saat menghadapi Timnas Thailand pada semifinal SEA Games 2021 di Stadion Thien Tru'ong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis 19 Mei 2022. 

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Syaratnya, pemain Indonesia harus bermain agresif saat melawan Thailand. Asisten pelatih Arema FC itu menilai sosok penyerang Timnas Muhammad Ridwan dan Irfan Jauhari memiliki potensi yang cukup baik. Kedua pemain ini dinilai pandai mengambil keputusan untuk melesatkan tendangan ke gawang lawan. 

"Saya lihat penyelesaian akhir sudah mulai bagus. Seperti penyerang Irfan Jauhari dan Ridwan, sudah bagus. Pemain depan memang harus seperti itu. Sepersekian detik sudah harus mengambil keputusan dengan cepat," kata Singgih, Rabu, 18 Mei 2022. 

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Singgih menuturkan, pasca kekalahan pertama atas tuan rumah Vietnam skuad asuhan Shin Tae-yong ini perlahan menunjukan perbaikan. Dimulai dari laga melawan Timor Leste, berlanjut melawan Filipina dan terakhir melawan Myanmar di mana Timnas Indonesia mampu mencetak lebih dari dua gol di setiap laga. 

"Kalau saya lihat, chemistry-nya sudah terbentuk. Kesalahan fundamental sudah mulai teratasi, seperti umpan contohnya. Timnas juga harus bisa belajar dari kekalahan dari Vietnam, saat laga melawan Thailand nanti. Kami semua berharap Timnas lolos ke Final," ujar Singgih. 

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Meski Indonesia sering kali menelan hasil buruk kontra Thailand di sejumlah ajang, Singgih Pitono terus memberikan dukungan dengan meminta semua pemain tim Merah Putih untuk tetap percaya diri dengan kemampuan masing-masing. Apalagi dalam sepakbola tidak ada sesuatu yang mustahil.

“Jadi pemain saat masuk lapangan harus yakin dulu harus optimis. Personal pemain harus siap. Baru ditingkatkan pada kolektivitas tim. Saya prediksi Indonesia menang dengan skor 1-0 atas Thailand dan melaju final," tutur Singgih.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Selain Timnas Indonesia, sejumlah tim perwakilan ASEAN lain terseok-seok pada laga terakhir penyisihan grup Piala Asia U-23 lantaran tak satupun yang meraih kemenangan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024