Thailand Dominasi Semifinal SEA Games saat Hadapi Indonesia

Shin Tae-yong dan Alexandre Polking
Sumber :
  • Facebook FA Thailand

VIVA – Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di semifinal SEA Games 2021 cabang olahraga sepakbola. Duel kedua tim diselenggarakan di Thien Truong, Stadium, Nam Dinh, Vietnam pada Kamis 19 Mei 2022.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Indonesia dan Thailand sama-sama mengumpulkan bakat terbaik mereka untuk mengarungi SEA Games 2021 ini. Sejumlah pemain di bawah usia 23 tahun yang berkarier di luar negeri dipanggil.

Langkah itu jelas menunjukkan jika mereka ingin meraih hasil maksimal di pesta olahraga Asia Tenggara ini. Rekam jejak di fase grup sudah menunjukkan hal tersebut.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong akan saling adu cerdik dalam menyusun taktik. Dia menghadapi Alexandre Polking yang menjadi juru taktik Thailand.

Ada hal menarik yang bisa disimak jelang pertandingan ini. Kedua tim telah berkali-kali saling berhadapan pada babak semifinal SEA Games sejauh ini.

Thailand menjadi pihak yang diunggulkan jika merujuk statistik tersebut. Karena ada tujuh pertandingan yang mereka bisa menangkan ketika berhadapan dengan Indonesia di semifinal SEA Games.

Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Photo :
  • pssi.org

Pada edisi 1977 yang dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand menyudahi perlawanan Indonesia dengan skor 2-0.

Pada 1979, format turnamen berubah. Cuma ada satu grup yang diisi lima negara. Indonesia yang ada di urutan kedua, sama-sama meraih lima poin dengan Thailand di peringkat ketiga.

Untuk melawan Malaysia yang ada di puncak klasemen dan lolos ke final, diadakan pertandingan play-off. Dan pada fase itu, Indonesia menang melalui adu penalti atas Thailand.

Pada edisi 1981, Indonesia berhadapan dengan Thailand pada babak semifinal. Skuad Garuda dipaksa menyerah dua gol tanpa balas.

Kekalahan telak Indonesia saat menghadapi Thailand di semifinal SEA Games terjadi pada edisi 1985. Ketika itu Skuad Garuda dikalahkan dengan skor 0-7.

Indonesia kembali harus mengakui keunggulan Thailand pada semifinal SEA Games 1993 di Singapura. Kekalahannya tipis, yakni 0-1.

Thailand menegaskan keunggulannya atas Indonesia ketika berhadapan di semifinal SEA Games 2001. Mereka unggul 2-0 dalam laga yang dilangsungkan di Malaysia.

Pada SEA Games 2005 Filipina, kemenangan kembali diraih oleh Thailand. Mereka mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1.

Indonesia harus kembali mengakui keunggulan Thailand ketika bertemu di semifinal SEA Games 2015. Skuad Garuda dipaksa menyerah lima gol tanpa balas oleh mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya