Thailand Vs Indonesia Saling Ancam di Babak Pertama

Thailand vs Indonesia di semufinal SEA Games 2021
Thailand vs Indonesia di semufinal SEA Games 2021
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Timnas Indonesia menghadapi Timnas Thailand dalam pertandingan semifinal SEA Games 2021 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Vietnam pada Kamis 19 Mei 2022. Di babak pertama kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Indonesia tidak diperkuat Asnawi Mangkualam yang menjalani hukuman akumulasi kartu. Rachmat Irianto yang ada dalam daftar susunan pemain rupanya diplot untuk mengisi pos bek sayap kanan.

Di laga sebelumnya, Irianto lebih sering dijadikan gelandang bertahan oleh pelatih Shin Tae-yong. Namun untuk laga ini, juru taktik asal Korea Selatan lebih percaya kepadanya ketimbang Ilham Rio Fahmi untuk mengisi pos yang ditinggalkan Asnawi.

Tetap memainkan formasi 4-3-3, Indonesia mengandalkan serangan dari sisi sayap untuk menggedor pertahanan Thailand. Kreasi serangan yang dibangun beberapa kali membuat lawan kewalahan mengadang.

Thailand meladeni permainan Indonesia dengan lebih banyak melakukan penguasaan bola. Kombinasi operan pendek dan panjang jadi andalan mereka untuk membongkar pertahanan skuad Garuda.

Thailand terlihat tak mau menerapkan permainan tempo cepat di babak pertama ini. Setiap kali berhasil mematahkan serangan Indonesia, mereka memilih untuk bersabar dalam melancarkan serangan balik.

Indonesia mendapat peluang berbahaya pada menit 38. Sebuah eksekusi tendangan bebas Egy Maulana Vikri disambar oleh sundulan Rizky Ridho, sayang bola masih melebar dari sasaran.