Kalah dari Thailand, 3 Pemain Timnas Indonesia Dapat Kartu Merah

Thailand vs Indonesia di semifinal SEA Games 2021
Sumber :
  • twitter.com/Changsuek_TH

VIVA – Timnas Indonesia menghadapi Timnas Thailand dalam pertandingan semifinal SEA Games 2021 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Vietnam pada Kamis 19 Mei 2022. 

Thailand memilih bermain dalam tempo lambat di babak pertama. Mereka menerapkan kombinasi operan pendek dan panjang untuk membongkar pertahanan Indonesia.

Dari kubu Indonesia, serangan dari sisi sayap menjadi andalan. Ada Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang mengisi posisi sayap kanan dan kiri penyerangan.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Kedua tim saling gantian melancarkan serangan, dan juga menciptakan peluang. Tapi, sampai babak pertama usai, tak ada gol bisa tercipta.

Memulai babak kedua, Thailand mengubah cara bermain. Skuad asuhan Alexandre Polking memainkan tempo cepat untuk mengurung pertahanan Indonesia.

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Merespons permainan Thailand, skema bola mati jadi andalan Indonesia. Beberapa kali kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan harus jatuh bangun menepis bola.

Pertandingan Thailand vs Indonesia di SEA Games 2021

Photo :
  • twitter.com/PSSI

Pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan. Karena sampai 90 menit waktu pertandingan usai, kedua tim sama-sama belum mampu memecah kebuntuan.

Gawang Indonesia bobol oleh Thailand ketika empat menit babak tambahan berjalan. Sebuah tendangan dari dalam kotak penalti dilepaskan oleh Worachit Kanitsribumphen.

Indonesia coba memberi tekanan di paruh kedua babak tambahan. Akan tetapi, hingga waktu usai, tak ada gol yang bisa mereka ciptakan.

Para pemain dari kedua tim terpancing emosinya di menit akhir. Ada dua kartu merah yang dikeluarkan wasit.

Yang pertama untuk pemain Thailand, Gabriel Widersjoe karena melakukan protes keras. Pertandingan sempat dilanjutkan kembali.

Kemudian Firza Andika melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Thailand. Kartu merah lagsung dikeluarkan wasit Yahya Ali Almula asal Uni Emirat Arab..

Setelah ada pelanggaran itu, pemain Indonesia dan Thailand berselisih. Akibatnya Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya juga diusir keluar lapangan oleh wasit. Keduanya dapat kartu kuning kedua karena perselisihan yang terjadi.

Hasil 0-1 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Indonesia gagal melangkah ke babak final SEA Games 2021.

Susunan Pemain 

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Nakin Wisetchat (Matee Sarakum 111'), Jonathan Khemdee, Airfan Doloh (Jaturapat Sattham 100'), Ekanit Panya, Korawich Tasa (Patrik Gustavsson 75'), Worachit Kanitsribumphen (Narakorn Noomchansakool 111'), Chonnapat Buaphan (Anusak Jaiphet 111'), Benjamin Davis (Gabrel Weidersjoe 95'), Weerathep Pomphun, Chayapipat Supanpasuch. 

Indonesia: Ernando Ari; Alfreanda Dewangga (Firza Andika 103'), Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Marc Klok, Marselino Ferdinan (Syahrian Abimanyu 62'), Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman (Saddil Ramdani 62'), Egy Maulana Vikri (Ronaldo Kwateh 90'), Irfan Jauhari (Muhammad Ridwan 90') (Ilham Rio Fahmi 109').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya