Ganyang Malaysia, Timnas Indonesia Raih Perunggu Sepakbola SEA Games

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia berhasil meraih medali perunggu cabang olahraga sepakbola putra SEA Games 2021 Vietnam usai menang melawan Timnas Malaysia. Tim Merah Putih menang 4-3 di babak adu penalti setelah keduanya meraih skor imbang 1-1 selama 90 menit dalam laga di My Dinh National Stadium, Minggu 22 Mei 2022.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Duel berjalan dengan tempo tinggi lantaran kedua tim menerapkan permainan terbuka. Malaysia sempat mengancam lebih dulu sebelum laga genap berjalan 5 menit namun bisa dipatahkan Ernando Ari Sutaryadi.

Setelahnya, Indonesia mulai tampil lepas. Skuad Garuda langsung menciptakan tiga peluang langsung dari Ronaldo Kwateh, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaeman. Sayang, tak ada satu pun yang berbuah gol.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Duel berjalan cukup alot yang memaksa banyak terjadinya pelanggaran. Malaysia sempat mengancam lewat tendangan bebas di menit 29. Beruntung, bola gagal disambut pemain lain dan cuma menghasilkan tendangan gawang.

Indonesia pun masih bermain dengan skor kacamata dengan Malaysia di babak pertama.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Malaysia tancap gas dengan mengambil inisiatif serangan di babak kedua. Harimau Malaya hampir saja meraih gol lebih dulu di menit 46, namun bola masih membentur mistar gawang.

Tiga menit berselang, Indonesia kembali tertekan. Lagi-lagi, skuad Garuda diuntungkan dengan penyelesaian akhir lawan yang buruk.

Pasukan Shin Tae-yong mendapatkan kesempatan dari situasi kemelut di depan gawang tepat ketika laga berjalan satu jam. Tapi, mereka tak bisa memaksimalkan peluang tersebut untuk diubah jadi gol.

Kemampuan Ernando kembali diuji di menit 64. Dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan pemain Malaysia yang lepas dari kawalan. Kembali Ernando melakukan penyelamatan gemilang.

Indonesia akhirnya bisa mencatatkan keunggulan di menit 68. Ronaldo Kwateh mengoyak jala Malaysia lewat sepakan terukur dari dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk tim Merah Putih.

Indonesia yang kerap tertekan akhirnya kebobolan di menit 80. Muhammad Hadi Fayyadh mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakannya membentur badan Rizky Ridho yang membelokkan arah bola. Skor menjadi imbang 1-1.

Ternyata, tak ada gol tambahan tercipta hingga laga bubar. Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti.

Dari lima penendang Indonesia, hanya Asnawi Maangkualam yang gagal. Sisanya yakni Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, dan Marc Klok bisa menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Sementara, dua penendang Malaysia, Muhammad Hadi Fayyadh bin Abdul Razak dan Luqman Hakim bin Shamsudin bisa dihalau Ernando.

Indonesia pun menang 4-3 atas Malaysia dan berhak meraih medali perunggu.

Susunan Pemain

Malaysia: Muhammad Rahadiazli (PG); Quentin Cheng, Muhammad Azrin Afiq, Harith Haiqal, Muhammad Azam, Muhammad Safwan, Ahmad Zikri, Muhammad Mukhairi Aimal, Muhammad Nur Azfar, Muhammad Syahir Bashah, Ahmad Danial.

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Alfeandra Dewangga (Ilham Rio Fahmi 86'), Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Irfan Jauhari (Muhammad Ridwan 83'), Ronaldo Kwateh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya