Terbongkar, Ide Gila Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut memiliki ide yang tak biasa. Hal tersebut disampaikan oleh gelandang naturalisasi Marc Klok.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Marc Klok akhirnya bisa memperkuat Timnas Indonesia setelah menunggu hampir satu tahun setelah jadi WNI pada 2021. Dia tampil memperkuat Timnas U-23 di ajang SEA Games 2021.

Ini menjadi pengalaman terbaru yang didapat pemain berdarah Belanda tersebut. Menurut Klok, Shin Tae-yong berbeda dari pelatih-pelatih di Indonesia. Shin Tae-yong, menurut Klok memiliki ide dan pola pikir yang tak biasa. 

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

"Coach Shin punya mindset berbeda dari orang [pelatih] Indonesia, punya disiplin sangat kuat. Dan saya sangat suka itu," ujar Klok dikutip dari YouTube PSSI.

Klok juga menyebut, Shin Tae-yong memberikan dampak besar bagi Tim Merah Putih. Hanya saja perlu mendapatkan dorongan lewat kemauan keras dari pemain itu sendiri.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Sebab, Shin mendorong agar pemain yang dilatihnya untuk keluar dari zona nyaman. "Kalau pemain sudah ada di zona nyaman, biasanya tidak ingin meningkatkan dirinya sendiri," tutur Klok.

"Saya pikir dengan style ini dengan filosofi [Shin Tae Yong] kita keluar dari zona nyaman, dan kita belajar dalam setiap latihan dan pertandingan untuk memperbaiki kualitas kita," sambungnya.

Shin Tae Yong direkrut PSSI pada akhir 2019 guna memajukan Timnas Indonesia. Bersama Shin, Timnas Indonesia mengalami peningkatan peringkat FIFA yang bagus.

Selain itu, Timnas Indonesia mengantongi satu posisi runner up Piala AFF dan medali perunggu SEA Games 2021 bersama pelatih 53 tahun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya