Saran Mesut Oezil Agar Sepakbola Indonesia Maju: Keluar Banyak Uang

Mesut Oezil di Masjid Istiqlal.
Sumber :
  • instagram.com/m10_official

VIVA – Mantan bintang Timnas Jerman, Mesut Oezil, memberikan saran kepada seluruh stakeholder di Indonesia dalam upayanya memajukan kualitas sepakbola. Menurutnya, Indonesia harus berani meningkatkan sejumlah infrastruktur.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Sepakbola di Indonesia, kata Oezil, memang sudah sangat besar. Namun, hal itu berbanding terbalik dengan prestasi Timnas Indonesia maupun klub-klubnya di kancah internasional yang kerap kurang bertaji.

Gelandang Fenerbahce, Mesut Oezil.

Photo :
  • instagram.com/m10_official/
Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Maka dari itu, Oezil menyarankan agar para pemangku kebijakan di Indonesia berani membangun infrastruktur, salah satu dengan membuat akademi usia muda. Memang, Oezil mengakui, untuk membangun itu semua membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Akan tetapi, Oezil meyakini, dengan perkembangan infrastruktur seperti pembangunan akademi usia muda akan membuat perkembangan sepakbola Indonesia menjadi lebih sukses. Selain itu, dukungan dari semua pihak juga diperlukan untuk memperlancar perkembangan tersebut.

Liga Yooscout x Piala Kartini Sukses Digelar, ASBWI dan CSS Harap Lahirkan Pesepakbola Berbakat

"Untuk sepakbola Indonesia, tentu saja sepakbola sangat besar di Indonesia, tetapi infrastrukturnya masih kurang. Indonesia harus berani berinvestasi di infrastuktur dan akademi pemain muda," ucap Oezil saat konferensi pers di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Rabu 25 Mei 2022.

"Jadi jika ingin sepakbolanya sukses, Indonesia harus menghabiskan uang lebih banyak untuk dua hal tersebut, sehingga semuanya harus bisa mendukung sepakbola Indonesia ke depannya," ujar gelandang Fenerbahce tersebut.

Di sisi lain, Oezil pun berandai-andai jika dirinya ditunjuk sebagai duta untuk mempromosikan Indonesia ke kancah internasional, dia akan berusaha untuk menularkan budaya Indonesia ke luar negeri.

"Jika saya jadi duta wisata, bukan hanya destinasi wisata saja yang akan saya promosikan, saya akan berusaha untuk kebudayaan Indonesia," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya