GBLA Resmi Jadi Markas Persib Bandung

Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) telah resmi jadi kandang atau home base untuk klub Persib Bandung. Menurut Yana, hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh manajemen Persib Bandung.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Sehingga di Liga 1 musim selanjutnya, klub berjuluk Maung Bandung itu bakal menggunakan GBLA untuk laga kandang. "Iya untuk home base juga, sudah," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat 27 Mei 2022.

Jika pun saat ini masih ada urusan administrasi yang harus ditempuh antara Pemkot Bandung dengan Manajemen Persib Bandung, menurutnya hal tersebut adalah bagian dari proses pemindahan pengelolaan.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

"Kan ada kontribusi, tetap regulasinya kan begitu, ada kontribusi tetap yang harus dibayar setiap tahun. Juga ada kontribusi tidak tetap, itu memang yang fluktuatif," kata Yana.

Adapun Persib Bandung sebelumnya pernah sempat menggunakan Stadion GBLA pada sekitar tahun 2017 hingga tahun 2018. Namun kandang Persib berpindah ke Stadion Si Jalak Harupat pada tahun 2019 karena ada hambatan perihal perizinan.

Persik Kediri Lapor Satgas Anti Mafia Bola Usai Dibantai Bhayangkara FC

Duel Persib vs Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.

Namun mulai pertengahan Mei 2022, Persib Bandung mulai kembali menggunakan Stadion GBLA untuk sesi latihan. Manajemen Persib Bandung juga sebelumnya sudah memberikan sinyal terkait pihaknya yang akan mengelola GBLA.

"Jadi kalau Persib menyatakan begitu, berarti benar begitu," kata Yana.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna memastikan kondisi Stadion GBLA masih layak digunakan. Menurutnya konstruksi bangunan dan juga rumput di lapangan masih dalam kondisi baik.

Kendati memerlukan perbaikan, namun Ema memastikan hal tersebut dalam konteks minor. Artinya, kata dia, perbaikan yang diperlukan tidak mengurangi kelayakan stadion untuk digunakan sebagai markas Persib Bandung.

“Kabar membahagiakan, karena fasilitasnya masih cukup terawat. Secara umum, orang masuk sini masih (merasa) layak. Tinggal dijaga saja kebersihannya,” kata Ema. (Ant)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya