Alasan Shin Tae-yong Tidak Panggil Ronaldo ke Timnas Indonesia Senior

Pemain muda Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh
Sumber :
  • Ronaldo Kwateh

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan dirinya tidak memanggil Ronaldo Kwateh ke skuad senior lantaran pesepakbola berusia 17 tahun itu dinilainya sulit bersaing di tengah banyaknya pemain di posisi serupa yaitu sayap.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

“Ronaldo masih sulit bermain di tim senior. Jadi, daripada tidak mendapatkan kesempatan, lebih baik dia berkompetisi di Turnamen Toulon (bersama timnas U-19-red),” ujar Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu pun berharap Ronaldo mendapat pengalaman berharga di Toulon. Sebab, di sana dia akan menghadapi tim-tim kuat dengan pemain-pemain muda berkualitas bagus.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Ronaldo Kwateh sebelumnya menjadi bagian dari timnas U-23 yang berkompetisi di SEA Games 2021. Di Pesta Olahraga Asia Tenggara itu, Ronaldo tampil baik dengan melesakkan satu gol dan membantu Indonesia meraih medali perunggu.

Akan tetapi, performa tersebut belum membuat Shin Tae-yong memasukkan Ronaldo ke dalam daftar pemain timnas senior yang disiapkan untuk laga persahabatan FIFA kontra Bangladesh, Rabu (1 Juni 2022), dan persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Untuk posisi sayap, Shin Tae-yong lebih memilih sosok-sosok sarat pengalaman seperti Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Irfan Jaya dan Irfan Jauhari.

Namun, keputusan berbeda dibuat Shin Tae-yong untuk teman sebaya Ronaldo Kwateh, Marselino Ferdinan. Marselino, yang fasih bermain sebagai gelandang, dianggap Shin Tae-yong mempunyai kemampuan untuk bersaing di timnas senior.

Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia

Photo :
  • pssi.org

“Meski fisik Marselino masih kurang ideal, dia masih bisa bersaing dan menunjukkan performa yang bagus,” tutur Shin.

Sementara terkait Timnas U-19 yang berangkat ke Prancis untuk mengikuti Turnamen Toulon 2022, Shin Tae-yong menyebut bahwa performa mereka semakin bagus setelah beberapa pemainnya menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.

Shin Tae-yong sendiri diputuskan tidak melatih langsung timnas U-19 yang akan ke Toulon karena fokus menyiapkan skuad timnas Indonesia menyambut laga persahabatan FIFA kontra Bangladesh, 1 Juni 2022 di Bandung dan Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 8-14 Juni 2022.

Hal itu membuat timnas U-19 untuk sementara dipimpin oleh Radoncic dan pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti.

“Permainan Timnas Indonesia U-19 semakin bagus. Saya melihat langsung performa mereka dalam laga uji coba melawan Persita, Rabu (25 Mei 2022). Saya juga mendapatkan laporan dari staf pelatih setiap harinya,” kata Shin Tae-yong.

Turnamen Toulon 2022 akan berlangsung pada 29 Mei-12 Juni 2022 di Prancis. Pada turnamen untuk pemain U-17 sampai U-23 itu, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana dan Venezuela.

Turnamen Toulon tersebut juga menjadi salah satu persiapan timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 tahun 2023. (Ant)

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh

Photo :
  • PSSI
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya