PSSI Klaim Iwan Bule Tokoh Utama Kemenangan Timnas Indonesia Vs Kuwait

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • PSSI

VIVA – PSSI mengklaim Mochamad Iriawan, alias Iwan Bule adalah tokoh utama di balik kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait dalam laga Kualifiksi Piala Asia 2023.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu malam WIB, 8 Juni 2022. Kemenangan ini merupakan sejarah yakni pecahnya rekor 42 tahun Indonesia tak pernah menang atas Kuwait.

Terakhir kali, Indonesia menang atas Kuwait pada 42 tahun lalu, tepatnya di Turnamen Merdeka pada 19 Oktober 1980. Kala itu, Indonesia juga menang dengan skor 2-1.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

PSSI dalam website mereka menyatakan bahwa kemenangan itu ada andil dari sosok Iriawan selaku Ketua Umum PSSI. 

"Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!. Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang," tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun' di situs resminya.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

"Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara. Yakni final SEA-Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA-Games 2022," lanjut tulisan itu.

Dala tulisan itu, dipaparkan juga terobosan-terobosan iriawan di masa kepemimpinannya. Yakni mengantisipasi masalah suap, pengaturan skor dan kejahatan lain dalam sepakbola dengan bekerja sama dengan Mabes Polri.

Selain itu, PSSI era Iriawan juga disebut memecahkan masalah Training Centre yang selama ini menjadi kendala. Semua itu dilakukan demi kemajuan sepakbola Indonesia.

"Untuk mengantisipasi persoalan klise: tempat Training Center, lapangan latihan, Camp Latihan, dsb, terkait kepentingan timnas, pada 18 Agustus 2021 Iwan Bule membuat MoU dengan 7 Perguruan Tinggi di Indonesia," tulis PSSI.

"Karena bicara soal sepakbola nasional, artinya kita sedang berbicara mengenai denyut nadi rakyat Indonesia. Dan Iwan Bule sangat memahami hal itu," tulis petikan kalimat terakhir dalam ulasan PSSI.

Namun, klaim itu menjadi polemik di media sosial, bahkan trending d twitter. Tulisan itu disebut merupakan pencitraan untuk Iwan Bule.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya