2 Suporter Persib Tewas, Piala Presiden 2022 Lanjut atau Tidak?

Persib vs Bali United di Piala Presiden 2022
Sumber :
  • persib.co.id

VIVA – Insiden memilukan kembali terjadi di kancah sepakbola Indonesia. Dua suporter Persib Bandung tewas saat hendak menyaksikan pertandingan melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat malam, 17 Juni 2022.

Persib Bandung Bertekad Sapu Bersih 2 Laga Sisa

Dua suporter yang tewas bernama Asep Ahmad Solihin dan Sopiana Yusuf. Keduanya meninggal akibat berdesak-desakan saat ingin masuk ke stadion.

Logo Piala Presiden 2022.

Photo :
  • Instagram/@pialapresiden
Dihajar Persib Bandung, Persebaya Surabaya Siap Bangkit Demi Hindari Degradasi

Imbas kejadian ini, ada pertanyaan apakah gelaran turnamen pramusim Piala Presiden 2022 akan dilanjutkan atau tidak? Ketua Ketua Organizing Committee PSSI untuk Piala Presiden 2022, Akhmad Hadian Lukita, memberikan jawabannya.

Menurut Lukita, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian terkait kelanjutan Piala Presiden 2022, terutama di Kota Bandung. Selain itu, panitia Piala Presiden 2022 juga menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada kepolisian jika dilanjut apakah tetap dengan kehadiran penonton.

Pengakuan Mengejutkan David Da Silva Usai Hattrick ke Gawang Mantan

"Masih koordinasi dengan kepolisian. Saya tetap ingin lanjut tapi dengan perlakuan yang berbeda. Kalau soal ada penonton atau tidak? Kita serahkan semuanya ke aparat keamanan," ujar Lukita saat dihubungi wartawan, Sabtu 18 Juni 2022.

Lukita kemudian menambahkan, jika Kota Bandung tetap mengizinkan pertandingan Piala Presiden 2022 dilanjutkan dengan tanpa penonton, dia meras itu adalah keputusan yang paling bijak.

"Menurut saya saat ini paling itu ya (dilanjutkan tanpa penonton), karena kita tidak tahu ke depannya seperti apa di Bandung. Kalau di tempat lain relatif aman," ucap Lukita.

Sementara itu, terkait opsi memindahkan venue dari Grup C dari Kota Bandung, Lukita mengatakan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan otoritas terkait lainnya.

"Itu (pindah dari Bandung) juga salah satu kemungkinan dan kami masih koordinasi. Soalnya yang koordinasi pak Soedjarno (perwakilan OC Piala Presiden 2022) dan di sedang kontak sana-sini," jelas Lukita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya