Berlabuh di Persija, Michael Krmencik Sah Jadi Pemain Termahal Liga 1

Pemain Persija Jakarta, Michael Krmencik membela Republik Ceko di EURO 2020.
Sumber :
  • Ozan Kose, Pool Photo via AP

VIVA Bola – Persija Jakarta membuat sensasi di bursa transfer Liga 1. Macan Kemayoran mendatangkan dua pemain Timnas Republik Ceko, Ondrej Kudela dan Michael Krmencik.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Khusus Kremencik, kedatangannya membuat rekor baru. Pemain yang memperkuat Ceko di EURO 2020 ini kini memegang rekor sebagai pemain termahal sepanjang sejarah Liga 1.

Menurut Tranfermarkt, nilai pasaran Kremencik saat ini adalah €1,5 juta. Jika dirupiahkan, setara dengan Rp23,48 miliar.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Nilai tersebut mengalahkan Youness Mokhtar yang baru saja bergabung dengan Bhayangkara FC. Pemain asal Belanda ini  ditaksir berbanderol 650 ribu euro.

Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok jebol gawang Kuwait.

Photo :
  • Tangkapan layar
Kerasnya Latihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 Diungkap Pemain Persija

Lalu, di posisi ketiga ada gelandang Persib Bandung, Marc Klok. Pemain naturalisasi Indonesia ini berbanderol 450 juta euro.

Kremencik akan memulai karier pertamanya di benua Asia. Selama ini dia berkarier di klub-klub Eropa, mulai dari Republik Ceko, Belgia, hingga Yunani.

Perjalanan karier Krmencik dimulai dari Viktoria Plzen U-19. Dia naik ke tim senior pada 2011. Sempat dia dipinjamkan ke beberapa klub Republik Ceko lain, seperti Banik Sokolov, Caslav, Graffin Vlasim, hingga Dukla Praha.

Pada 2020, Michael Krmencik dibeli oleh Club Brugge. Tapi lagi-lagi dia harus merantau ke klub lain dengan status pinjaman, seperti PAOK dan Slavia Praha. Kontraknya kemudian habis pada Juni 2022, dan Persija jadi labuhan terbaru.

Sepanjang 11 tahun karier di tim senior, masa keemasan Krmencik adalah musim 2017/2018. Ketika itu dia menjadi bagian dari Viktoria Plzen dan mencatatkan 24 penampilan di Fortuna Liga.

Michael Krmencik

Photo :
  • instagram.com/krmelec_11

Krmencik menyumbangkan 16 gol dan enam assist sepanjang musim tersebut di Fortuna Liga. Itu adalah jumlah gol terbanyak dia di kompetisi kasta tertinggi Republik Ceko.

Pelatih Persija, Thomas Doll, optimistis kedatangan Michael bisa membantu Osvaldo Haay dkk. mencetak banyak gol di musim depan. Ia pun membeberkan apa istimewanya pemain itu.

“Saya sudah berbicara dengan dia (Michael) beberapa hari sebelumnya. Dia sangat senang untuk datang ke Persija. Michael merupakan pemain yang dibutuhkan tim saat ini karena dia bermain di posisi penyerang tengah. Dia sangat bagus bermain bola bawah, memiliki postur yang sangat ideal, dan memiliki pengalaman bermain di kompetisi Eropa,” ujar Thomas dikutip dari ligaindonesiabaru.com, Jumat 24 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya