Gairah Suporter Indonesia Asah Mental Pemain Piala AFF U-19

Suporter Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno
Sumber :
  • VIVAnews / Riki Ilham Rafles

VIVA Bola – Indonesia memiliki suporter sepakbola yang gairahnya luar biasa. Hal itu diakui oleh para pelatih dari Grup A Piala AFF U-19. Mereka menganggap kehadiran suporter akan berdampak baik kepada para pemain.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Sejak pandemi COVID-19 di Indonesia dilonggarkan protokol kesehatannya, para suporter sepakbola sudah bisa hadir langsung di stadion. Diperkirakan, ribuan suporter akan hadir dalam setiap pertandingan Timnas Indonesia U-19.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengatakan, kehadiran suporter tidak cuma berdampak bagus bagi anak asuhnya. Namun juga semua tim yang ada di Piala AFF U-19.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

"Itu jadi tambahan tenaga buat para pemain. Semoga semua laga AFF kali ini menjadi lebih semangat. Ini hal positif, bahkan bukan cuma Indonesia, tapi semua tim," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Jumat 1 Juli 2022.

Pelatih Timnas Thailand, Salvador Valero Garcia memberikan penjelasan mengapa dia senang dengan gairah suporter Indonesia. Anak asuhnya yang masih berusia muda bisa diasah mentalnya.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

"Saya justru senang karena ini bisa jadi pengalaman pemain dan bagus untuk karier mereka ke depan," tutur juru taktik asal Spanyol tersebut.

Dinh The Nam sebagai pelatih Timnas Vietnam juga merasakan hal yang sama. Harapan dia, para pemain dapat memetik pengalaman berharga saat tampil di depan banyak suporterlawan.

Indonesia, Thailand, dan Vietnam lebih diunggulkan dalam Grup A Piala AFF U-19 ini. Sedangkan tiga tim lainnya, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar dianggap sebagai kuda hitam.

Keunggulan Indonesia dibanding Thailand dan Vietnam adalah kehadiran suporter. Dukungan penuh yang diberikan kepada Marselino Ferdinand dan kawan-kawan bakal jadi suntikan semangat penting.

Meski begitu, Indonesia tidak boleh terlena. Thailand dan Vietnam memiliki sederet pemain berkualitas. Lalu bisa jadi ada kejutan pula dari Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Dalam setiap pertandingan, Shin Tae-yong menuntut anak asuhnya untuk bisa mengeluarkan kemampuan maksimal. Mereka harus tampil sebaik mungkin di ajang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya