Jadwal Padat Piala AFF U-19 Bikin Susah

Para pelatih di Piala AFF U-19 dalam konferensi pers
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

VIVA Bola – Jadwal Piala AFF U-19 yang padat membuat susah para pelatih. Contohnya ada di Grup A, di mana enam tim kontestan akan bermain setiap dua hari sekali.

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Grup A Piala AFF U-19 diisi oleh Indonesia, Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Mulai dari 2 hingga 10 Juli 2022 mereka akan melakoni pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengatakan, jadwal yang padat ini juga turut membuat pemain sulit. Rasa lelah pasti bakal mereka alami.

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

"Untuk pemain pasti lelah dan sulit. Tapi, periode turnamen memang singkat dan mau tidak mau harus dipaksakan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Jumat 1 Juli 2022.

Pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia memiliki rencana untuk menetapkan rotasi. Sebab, dia ingin semua pemain selalu bisa tampil maksimal.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

"Kami akan lakukan rotasi supaya pemain bisa pada permainan terbaiknya," tutur juru taktik asal Spanyol tersebut.

Dengan kekuatan tim Grup A yang sangat ketat perbedaannya, jelas jadwal pertandingan yang padat akan menyulitkan. Tim-tim unggulan dituntut untuk bisa tampil sebaik mungkin.

"Semua tim dituntut untuk bisa tampil baik di setiap pertandingan," ujar pelatih Timnas Vietnam U-19, Dinh The Nam.

Memainkan lima pertandingan di fase grup dengan jadwal dua hari sekali pastinya memberi tekanan tersendiri bagi para pemain. Karena itulah, Shin Tae-yong berharap ke depan AFF bisa menyusun jadwal turnamen dengan jeda yang ideal.

"Mungkin untuk turnamen AFF berikutnya, harus ada jeda dua tiga hari di setiap pertandingan," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Indonesia akan memulai pertandingan pertama melawan Vietnam pada 2 Juli 2022. Dua hari kemudian, giliran Brunei yang menjadi lawan.

Pada 6 Juli 2022, Indonesia menghadapi Thailand, disusul melawan Filipina dua hari kemudian. Sedangkan untuk laga terakhir Grup A pada 10 Juli 2022 menghadapi Myanmar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya