Bertemu Arema FC di Semifinal Piala Presiden, PSIS Unggul Head to Head

PSIS Semarang di Piala Presiden 2022
PSIS Semarang di Piala Presiden 2022
Sumber :
  • instagram.com/psisfcofficial

VIVA – Partai semifinal Piala Presiden 2022 salah satunya akan mempertemukan PSIS Semarang melawan Arema FC. Pada perempat final, kedua tim sukses membungkam lawan-lawannya dengan cara yang sama, yaitu adu penalti.

Arema lebih dulu booking tempat semifinal setelah mengalahkan Barito Putera dengan skor 5-4 lewat babak tos-tosan setelah imbang 0-0 di waktu normal.

Sedangkan PSIS Semarang menang dramatis atas Bhayangkara FC. Di waktu normal 2x45 menit, kedua tim bermain 1-1. Kemudian di babak adu penalti yang panjang, Laskar Mahesa Jenar unggul 9-8 atas The Guardians, dan berhak lolos ke semifinal.

Pertemuan PSIS dan Arema FC diprediksi akan berjalan seru. Apalagi kedua tim punya suporter yang sangat besar dan fanatik. Di kubu PSIS ada Panser Biru dan Snex. Sementara Arema punya kelompok pendukung Aremania yang legendaris.

Lalu bagaimana kans PSIS dan Arema untuk bisa memenangkan pertandingan sekaligus mengamankan satu slot di partai puncak?

Kalau dilihat dari catatan head to head kedua tim, PSIS unggul tipis atas Arema.

Dari sembilan kali pertemuan di berbagai ajang sejak 2018, PSIS Semarang berhasil memenanginya 4 kali. Sementara Arema menang 2 kali. Tiga laga lainnya kedua tim bermain imbang. Termasuk pada dua laga di liga 1 musim kemarin, kedua tim hanya bermain kacamata alias 0-0.

Laga terbaru di luar kompetisi adalah saat PSIS dan Arema melangsungkan uji coba pada bulan Mei dan Juni lalu. Bermain di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema menang dengan skor meyakinkan 2-0. Sementara saat ujicoba di Stadion Jatidiri Semarang, gantian PSIS yang unggul meski dengan skor tipis 2-1.

Jika menilik pada empat laga terbaru yang masing-masing tim bermaterikan pemain yang hampir sama dengan Liga 1 musim lalu, maka laga semifinal Piala Presiden kali ini boleh jadi akan berjalan seru dan seimbang. Apalagi babak semifinal akan dilakukan dua kali dengan sistem kandang dan tandang.

PSIS lebih dulu menjadi tuan rumah pada Kamis 7 Juli 2022. Kemudian Arema gantian menjamu PSIS di Malang pada Senin 11 Juli 2022.

Menarik ditunggu, siapa yang akan menjejakkan kaki di partai pemuncak Piala Presiden?

Laporan: Teguh Joko Sutrisno