Soal Jadwal Piala Presiden, PT LIB: Liga Arab Saudi Lebih Malam

Logo Piala Presiden 2022.
Sumber :
  • Instagram/@pialapresiden

VIVA Bola – Jadwal pertandingan Piala Presiden 2022 dinilai ada yang terlalu malam. Biasanya pertandingan kedua akan dimulai pukul 20.30 WIB. Perihal ini jadi bahasan ramai di media sosial.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Tidak sedikit yang menganggap jadwal terlalu malam memberi dampak negatif. Tidak cuma pemain yang bertanding, tapi bagi penonton yang hadir ke stadion.

Menanggapi hal itu, Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa laga yang digelar pukul 20.30 WIB tidaklah terlalu malam. Bahkan dia menyebut Liga di Arab Saudi digelar lebih malam lagi.

Juara Baru Lahir di Piala Presiden Esports 2023

"Jadwal terlalu malam memang malam tapi tidak terlalu malam banget. Yang saya lihat dibeberapa Liga seperti di Arab Saudi jam 23.00. Nanti Piala Dunia (U-20) juga ada yang jam 10 malam (22.00 WIB)," kata Lukita di Malang beberapa hari lalu.

Soal kemungkinan apakah Liga 1 akan menerapkan jadwal kick off malam seperti Piala Presiden 2022. Lukita mengungkapkan semua masih bisa berubah.

Turnamen Esports Diharapkan Beri Kontribusi untuk Perkembangan SDM

PT LIB mengakui jadwal laga digelar malam hari belum ideal tetapi dianggap masih dalam taraf aman. Jika dikembalikan kepada pihaknya, tentu inginnya pertandingan dilangsungkan sore hari.

"Ini memang perjalanan kita soal jadwal belum ideal. Termasuk kami panitia inginnya sore. Jadi memang malam ini tidak ideal tapi masih aman lah," ujar Lukita. 

Lukita juga mengungkapkan, hasil pertandingan yang digelar pada pukul 20.30 WIB ternyata cukup bagus. Jumlah penonton di layar kaca termasuk primetime alias banyak ditonton meski digelar malam hari.

Menurutnya, mulai dari PT LIB, klub, hingga televisi telah sepakat berkompromi untuk kick off pukul 20.30 WIB. Karena jadwal tersebut dianggap yang paling ideal untuk menyiarkan tayangan sepakbola.

"Dari segi primetime bagus, ada penonton.  Dan kalau broadcast sudah menentukan jadwal berarti juga bagus. Jadi ini merupakan kompromistik dari semua pihak yang terlibat," tutur Lukita. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya