Perubahan Strategi di Babak Kedua Jadi Kunci Kemenangan Arema FC

Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Bola – Arema FC meraih kemenangan 2-0 atas PSIS Semarang dalam laga leg pertama semifinal Piala Presiden 2022. Laga ini digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, pada Kamis, 7 Juli 2022. 

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

"Salah satu pertandingan yang sulit, karena kedua tim bermain offensif," kata Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida usai laga. 

Kemenangan ini tidak lepas dari perubahan strategi yang dilakukan oleh Eduardo Almeida terutama di babak kedua. Sebab, di babak pertama Arema FC begitu kesulitan menembus pertahanan lawan. Pertandingan lebih didominasi tuan rumah. 

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Di babak kedua, Eduardo memasukan sejumlah pemain bertipikal menyerang. Dendi Santoso, Gian Zola hingga Evan Dimas diturunkan dalam laga ini. Hasilnya, permainan Singo Edan lebih cair dan beberapa kali mengancam gawang PSIS hingga klimaksnya mencetak dua gol lewat Abel Camara dan Gian Zola. 

PSIS Semarang vs Arema FC

Photo :
  • psisfcofficial
Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

"Di babak pertama Arema kesulitan mendistribusikan bola saat kami mendapatkan bola. Di babak kedua pertandingan lebih cair. Dan ini hasil yang bagus dari Arema dari pertandingan bagus untuk kedua tim," ujar Eduardo. 

Pelatih asal Portugal itu mengaku, telah menyiapkan sejumlah opsi strategi di laga ini demi mendulang kemenangan. Termasuk melakukan pergantian pemain secara efektif. Dia menyebut, pergantian pemain mempengaruhi gaya bermain tim di lapangan. 

"Saya menyiapkan semua strategi, semua pemain dibuat siap untuk pertandingan ini baik babak pertama atau babak kedua. Jadi perubahan pemain juga sangat berpengaruh. Di babak pertama kita kesulitan untuk mendistribusikan bola sedangkan di babak kedua kita lebih cair," tutur Eduardo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya