Bek Persija Jakarta Ungkap Kesan Bermitra dengan Bintang Timnas Ceko

Bek Persija Jakarta Ondrej Kudela (kanan) saat berduel dengan Lionel Messi.
Sumber :
  • AP Photo/Joan Monfort

VIVA Bola – Bek Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi mengatakan bahwa tak ada kendala bagi dirinya bermitra dengan bek tengah Timnas Republik Ceko Ondrej Kudela di lini belakang skuad "Macan Kemayoran".

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

"Kudela itu pemain yang sangat welcome. Dia dan saya bisa berkomunikasi dengan baik," ujar Ilham Rio di Nirwana Park, Depok, Kamis 7 Juli 2022.

Menurut pesepak bola berusia 20 tahun itu, bahasa bukanlah masalah bagi dirinya dan Kudela.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

Ilham Rio sudah terbiasa dengan bahasa Inggris, yang biasa digunakan Kudela ketika berbicara di Persija, ketika masih bekerja sama dengan bek Italia Marco Motta pada musim sebelumnya.

Selain itu, Kudela juga belajar berbahasa Indonesia agar semakin mempererat ikatan emosionalnya dengan skuad "Macan Kemayoran".

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Bek kanan Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi.

Photo :
  • Persija.id

"Kudela sedikit demi sedikit belajar bahasa Indonesia. Dia bertanya satu-dua hal kepada saya. Komunikasi saya dengan dia baik," tutur Ilham Rio.

Pemain timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021 itu pun memuji Kudela sebagai pesepak bola kelas dunia.

Pria berusia 35 tahun itu kenyang pengalaman merumput di Eropa. Pernah berlaga di Liga Champions UEFA dan Liga Eropa, di mana dia melawan pemain-pemain top dunia seperti Lionel Messi, Luis Suarez dan Romelu Lukaku.

Kudela juga aktif di timnas Ceko dan diikutkan dalam turnamen UEFA Nations League pada tahun 2022.

"Dia datang dari Eropa sebagai pemain kelas dunia, pemain timnas Ceko juga. Tentu saya berharap bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari dia. Ada hal yang belum saya temukan di Indonesia, bisa saya temukan di Kudela," kata Ilham Rio.

Ilham Rio Fahmi dan Ondrej Kudela diprediksi akan bermain pada laga persahabatan Persija melawan RANS Nusantara FC pada Sabtu (16/7) di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

Setelah itu, mereka akan bahu-membahu pada Liga 1 Indonesia 2022-2023, ketika Persija berhadapan dengan juara Liga 1 musim sebelumnya Bali United pada laga pembuka di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu 23 Juli 2022.(Ant)


 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya