Nasib Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dan Shin Tae-yong
Sumber :
  • VIVA / Robi Yanto

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah fanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A. Lalu, bagaimana nasib Shin Tae-yong?

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Nasib tragis harus dialami Timnas Indonesia U-19. Meski menang besar atas Myanmar 5-1 pada laga terakhir babak penyisihan, Indonesia tetap gagal lols ke babak empat besar.

Indonesia memiliki poin yang sama 11 dengan Vietnam dan Thailand. Namun, kalah dalam head to head. 

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Vietnam dan Thailand. Sementara Thailand bermain imbang 1-1.

Dengand demikian, target jara Piala AFF U-19 2022 pun gagal dipenuhi Shin Tae-yong. Meski demikian, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan posisi Shin Tae-yong di kursi pelatih timnas Indonesia tetap aman.

Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan

"Shin masih terus (melatih-red) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa," ujar Mochamad Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu malam WIB, 10 Juli 2022.

Pria yang akrab disap Iwan Bule itu menilai penampilan timnas Indonesia U-19 sejatinya sangat baik kendati gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 dengan cara yang begitu menyakitkan.

Dari lima laga, Indonesia tidak pernah kalah dan meraup tiga kekalahan. Skuad berjuluk Garuda Nusantara juga menjadi skuad tersubur turnamen dengan membuat total 17 gol dan hanya kebobolan lima go

Tim asuhan Shin juga dianggap cukup tangguh meski dilakukan rotasi untuk menjaga kondisi fisik pemain di tengah jadwal padat.

"Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti," ucap Iriawan.

"Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki 'chemistry' (kekompakan-red) dengan dia," tutur Iriawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya