Momen Miris, Thailand dan Vietnam Sengaja Singkirkan Timnas U-19

Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19
Sumber :
  • instagram.com/fathailandofficial

VIVA Bola - Kegagalan Timnas Indonesia U-19 melaju ke babak semifinal ajang Piala AFF U-19  2022 tengah menjadi sorotan. Thailand dan Vietnam disebut-sebut sebagai dalang utama kondisi tersebut. 

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Diketahui Timnas Indonesia U-19 melakoni duel penentuan melawan Myanmar U-19 pada Minggu malam WIB 10 Juli 2022. Garuda Nusantara menang dengan skor telak 5-1, namun hasil tersebut sia-sia, Indonesia tetap gagal lolos ke babak 4 besar. 

Sebab di sisi lain, Vietnam vs Thailand menentukan nasib Indonesia. Pasalnya, berapapun kemenangan Indonesa atas Myanmar tidak akan berarti jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol seperti (1-1, 2-2, 3-3, dan seterusnya).

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Sebab, dalam regulasi AFF U-19, untuk menentukan peringkat pertama dan kedua menggunakan sistem head to head, setelah itu baru selisih gol.

Dalam hal ini, Indonesia kalah head to head dari Vietnam dan Thailand. Sebab, saat melawan dua tim tersebut, Garuda Muda bermain imbang 0-0.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Viral di media sosial, cuplikan pertandingan antara Vietnam dan Thailand. Saat skor mencapai 1-1, kedua tim ini seperti tidak bersemangat untuk meraih kemenangan. 

Diketahui memasuki paruh kedua babak kedua, Vietnam hanya melakukan oper-operan di lini belakang. Thailand tidak menekan dan menunggu datangnya bola.

Lebih lanjut, manajer Timnas Indonesia U-19, Endri Erawan mendesak AFF untuk melakukan investigasi laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 antara Vietnam vs Thailand.

Endri mengatakan, dirinya banyak mendapatkan laporan dari rekan-rekannya yang berada di Stadion Madya, bahwa pertandingan tidak berjalan fairplay. 

Baik Vietnam dan Thailand sama-sama tidak berusaha untuk melakukan serangan. 

"Saya tidak lihat langsung laga Vietnam lawan Thailand, tapi saya dengan kabar dua tim itu tidak saling serang. Kalau fairplay kan keduanya harus saling cetak gol dan menyerang, tetapi itu tak kelihatan di laga tersebut, itu kabar yang saya dengar dari teman-teman di Madya," kata Endri usai pertandingan.

"Lalu saya berharap investigasi dari AFF untuk laga tersebut, kalau menurut AFF itu fair, silakan lanjut, kalau tidak fair, perlu dipertimbangkan untuk didiskualifikasi kedua tim tersebut (Vietnam dan Thailand)," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya