Menpora Amali Dukung Sikap PSSI Laporkan Kejanggalan di Piala AFF U-19

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Bola – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, mendukung langkah PSSI untuk melaporkan kejanggalan yang terjadi di pertandingan Timnas Thailand kontra Timnas Vietnam di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Madya, GBK, Jakarta, Minggu 10 Juli 2022.

Dalam duel yang berkesudahan 1-1 itu, diduga terjadi main mata di antara kedua tim. Pemain kedua kesebelasan tampak sudah tak menunjukkan kemauan untuk memenangkan pertandingan saat duel memasuki 10 menit terakhir.

Indonesia sendiri di waktu yang bersamaan menang 5-1 atas Myanmar. Namun, kemenangan itu terasa hampa lantaran Garuda Nusantara tetap tersingkir akibat kalah selisih gol dalam mini klasemen yang hanya berisikan tiga tim tersebut.

Merasa tak terima dengan hasil yang tak adil, PSSI pun memutuskan untuk mengajukan protes dan meminta kepada AFF untuk melakukan investasi pada laga Thailand versus Vietnam.

Mengenai hal tersebut, Menpora Amali menyebut tindakan PSSI sebagai sebuah kewajaran demi menegakkan azas fairplay dalam sebuah pertandingan. Maka itu, pemerintah mendukung apa pun keputusan yang diambil induk sepakbola Tanah Air itu.

"Ya saya kira itu hak dari federasi, hak dari PSSI kalau merasa ada sesuatu yang kurang ya silakan. Itu sesuatu yang wajar dan pemerintah memberikan dukungan sepanjang sesuai dengan aturan. Jadi tidak ada masalah," kata pria asal Gorontalo dalam acara pelepasan IJSL ke Gothia Cup 2022 di Wisma Kemenpora, Selasa 12 Juli 2022.

Politikus Golkar tersebut enggan mengomentari lebih jauh dan hanya bisa memberikan dukungan. Sebab, dia tak menyaksikan langsung pertandingan antara Thailand kontra Vietnam.

"Ya saya nontonnya di Stadion Patriot Candrabhaga. Jadi saya nonton yang menang 5-1 dan tidak nonton (pertandingan) itu," tutur Amali.