Bos Persib Minta Kick Off Malam Diubah Jadi 19.30 WIB

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar.
Sumber :
  • Viva/Dede Idrus

VIVA – PSSI memutuskan kick off Liga 1 2022/2023 bergulir pada 23 Juli 2022. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan seluruh kontestan Liga 1. 

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Tanggal kick off Liga 1 memang mengalami perubahan. Awalnya, PSSI berencana menggelar kompetisi pada 27 Juli 2022, tapi dimajukan menjadi 23 Juli 2022. 

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar mengaku tidak mempersoalkan jadwal kick off digelar lebih cepat. Namun, dia meminta kick off pertandingan tidak digelar larut malam. 

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

"Tidak ada masalah kalau tanggal, cuma saya meminta kepada liga gitu ya cara pengaturan kalau pertandingan jangan malam lah, paling telat setengah 8 (19.30 WIB) lah paling telat," ujar Umuh kepada wartawan, Selasa 12 Juli 2022. 

Menurut dia, bertanding larut malam akan berdampak terhadap kesehatan pemainnya. Achmad Jufriyanto Cs akan kesulitan untuk beristirahat setelah pertandingan. 

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

"Jadi kalau terlalu malam pemain juga soal kesehatan nanti kurang tidur, habis main masih perlu istirahat. Tapi kalau ini bisa sampai pagi susah tidur gitu kan,"paparnya.

Makanya, LIB sebagai operator harus memperhitungkan dengan matang mengenai jadwal pertandingan. Apalagi, Persib tercatat akan bermain di atas jam 20.00 WIB sebanyak 17 pertandingan. 

"Itu harus diperhitungkan jangan karena ada salah satu perusahaan yang menuntut untuk keuntungan salah satu pihak ini harus menguntungkan semua pihak,"kata pria berusia 74 tahun tersebut. 

Selain kepada pemain, kata Umuh, bermain terlalu malam juga akan merugikan penonton. 

"Yang nonton juga kalau terlalu malam kan ada yang bekerja besoknya. Itu sangat merugikan. Dari dulu juga setengah 8 malam paling malam. Jangan sampai terjadi lagi 8.30 baru mulai itu membuat tidak sehat,"ungkapnya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya