Timnas Tak Lolos Grup, Menpora: Tetap jadi Tuan Rumah yang Baik

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Humas Kemenpora

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan tak lolos dari fase grup Piala AFF U-19 2022. Itu setelah mereka kalah secara head to head poin dari Timnas Thailand dan Timnas Vietnam.

Seperti diketahui, ketiga tim memiliki poin yang sama di klasemen akhir, yakni 11 angka. Namun, skuad Garuda Nusantara kalah dalam perhitungan head to head selisih gol dalam klasemen mini yang melibatkan Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Kini, Indonesia hanya tinggal menyelesaikan tugasnya menjadi tuan rumah dari turnamen tersebut. Menyikapi hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, mengaku sedikit kecewa lantaran gagal melihat tim Merah Putih juara.

Tapi, dia juga meminta kepada para suporter Timnas Indonesia untuk tenang dan bisa bersikap sebagai tuan rumah yang baik hingga kejuaraan ini usai.

"Ya sebagai tuan rumah yang baik kita nonton saja, besok itu laganya. Kita kecewa dengan hasil yang ada, tetapi sebagai tuan rumah yasudah nonton saja," kata Amali usai konferensi pers pelepasan tim IJSL ke Gothia Cup 2022 di Wisma Kemenpora, Selasa 12 Juli 2022.

Pria asal Gorontalo itu menekankan jika kesuksesan menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2022 bisa menjadi acuan lantaran ke depannya Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Ya, kita kan juga mau jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, jadi kita tunjukkan jadi tuan rumah yang baik, apa yang sudah terjadi (gagal ke semifinal) ya sudah, karena regulasi yang disepakati kan itu, head to head itu, kalau mau dikoreksi ya setelahnya saja," ujar Amali.