Mengharukan, Penyesalan Shin Tae-yong sebagai Ayah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan sebuah penyesalan sebagai sosok seorang ayah.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Shin Tae-yong memiliki dua putra yang saat ini berkarier di sepakbola. Anak pertamanya bernama Shin Jae-won berusia  23 tahun dan bermain untuk Suwon FC di K League 1.

Sementara anak kedua Shin Tae-yong bernama Shin Jae-hyuk. Pria berusia 21 tahun itu kini bermain untuk Ansan Greeners di K League 2, yang sekaligus satu tim dengan Asnawi Mangkualam.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Shin Tae-yong menyebut, penyesalannya adalah tidak sempat memberikan ilmu kepelatihan kepada kedua buah hatinya, yang saat ini sudah jadi pesepakbola profesional.

Padahal, Shin Tae-yong adalah mantan pesepakbola yang punya nama besar di Korea Selatan. Dia juga disegani di negaranya setelah membawa Seongnam juara Liga Champions Asia 2010.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Bahkan, Shin Tae-yong juga sempat dipercaya untuk menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu.

Penyebanya, Shin Tae-yong terlalu sibuk dalam karier kepelatihannya, sehingga ia tak memiliki waktu luang untuk sekadar memberikan pelatihan langsung kepada anaknya.

"Saya punya dua anak. Anak pertama main di Liga 1 Korea dan anak kedua main di Liga 2 Korea, satu tim dengan Asnawi," kata Shin dalam pembicaraannya di saluran YouTube Sport77 Official.

"Tapi, ada satu penyesalan saya. Saya tidak pernah mengajari langsung anak-anak saya bermain sepakbola. Saya hanya membiarkan mereka menikmati saja bermain bola itu seperti apa," sambungnya.

Meski demikian, Shin Tae-yong berhasil menjadi sosok ayah bagi sejumlah pemain Timnas Indonesia. Di antaranya adalah Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya