Mengharukan, Penyesalan Shin Tae-yong sebagai Ayah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan sebuah penyesalan sebagai sosok seorang ayah.

Shin Tae-yong memiliki dua putra yang saat ini berkarier di sepakbola. Anak pertamanya bernama Shin Jae-won berusia  23 tahun dan bermain untuk Suwon FC di K League 1.

Sementara anak kedua Shin Tae-yong bernama Shin Jae-hyuk. Pria berusia 21 tahun itu kini bermain untuk Ansan Greeners di K League 2, yang sekaligus satu tim dengan Asnawi Mangkualam.

Shin Tae-yong menyebut, penyesalannya adalah tidak sempat memberikan ilmu kepelatihan kepada kedua buah hatinya, yang saat ini sudah jadi pesepakbola profesional.

Padahal, Shin Tae-yong adalah mantan pesepakbola yang punya nama besar di Korea Selatan. Dia juga disegani di negaranya setelah membawa Seongnam juara Liga Champions Asia 2010.

Bahkan, Shin Tae-yong juga sempat dipercaya untuk menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu.

Penyebanya, Shin Tae-yong terlalu sibuk dalam karier kepelatihannya, sehingga ia tak memiliki waktu luang untuk sekadar memberikan pelatihan langsung kepada anaknya.

"Saya punya dua anak. Anak pertama main di Liga 1 Korea dan anak kedua main di Liga 2 Korea, satu tim dengan Asnawi," kata Shin dalam pembicaraannya di saluran YouTube Sport77 Official.

"Tapi, ada satu penyesalan saya. Saya tidak pernah mengajari langsung anak-anak saya bermain sepakbola. Saya hanya membiarkan mereka menikmati saja bermain bola itu seperti apa," sambungnya.

Meski demikian, Shin Tae-yong berhasil menjadi sosok ayah bagi sejumlah pemain Timnas Indonesia. Di antaranya adalah Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.