Menyeberang ke EAFF, Timnas Indonesia Hadapi 2 Langganan Piala Dunia

Pemain Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • https://twitter.com/PSSI/

VIVA Bola – Rumor kepindahan PSSI dari AFF (federasi sepakbola Asia Tenggara) ke EAFF (federasi sepak bola Asia Timur) tengah berhembus kencang. Hal ini bermula dari kekecewaan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19.

Catat Jadwal Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Bisa Ketemu Thailand atau Vietnam

Timnas U-19 harus kecewa karena gagal ke semifinal lantaran kalah head to head. Vietnam dan Thailand dianggap tidak sportif karena tak berusaha mencetak gol setelah sama-sama mencetak satu gol agar Timnas Indonesia yang menghadapi Myanmar dalam jam yang sama, tidak lolos ke semifinal turnamen U-19 itu.

Suara agar PSSI meninggalkan AFF pun bermunculan di media sosial. Ternyata, PSSI sudah melakukan komunikas dengan EAFF. Hal itu diakui oleh Ketua Umum, Mochamad Iriawan.

Kisah Mualaf Cristian Gonzales, Ini yang Membuatnya Tertarik dengan Islam

"Kami akan diskusikan dengan matang. Karena tidak bisa memutuskan langsung. Ditunggu, untung ruginya," kata Iriawan.

"Kami sudah menyampaikan lewat Sekjen (PSSI). Mungkin dia (EAFF) senang aja kalo kami masuk. Kami akan hitung dulu," lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

14 Klub Termasuk Borneo FC dan PSM Bertarung di Shopee Cup, Ini Janji Presiden AFF

Jika benar pindah ke EAFF, Indonesia bakal bersaing dengan dua langganan Piala Dunia. Ada Timnas Korea Selatan dan Jepang yang memiliki pemain yang tampil di liga top Eropa.

Pemain Timnas Korea Selatan rayakan gol

Photo :
  • ANTARA/Yonhap

Asia Timur bukan zona sembarangan karena inilah wilayah Asia yang paling sering masuk putaran final Piala Dunia, selain Asia barat. Dua negara Asia yang paling sering tampil dalam putaran final Piala Dunia berasal dari Asia Timur, yakni Korea Selatan 11 kali dan Jepang tujuh kali. Masih ada Korea Utara yang pernah dua kali mencapai Piala Dunia dan China satu kali.

Pun di tingkat Piala Asia. Jepang dan Korea Selatan juga dominan. Bersama Iran dan Arab Saudi dari Asia barat, mereka adalah tim-tim yang paling sering menjuarai Piala Asia. Jepang sudah empat kali menjuarai Piala Asia, Korea Selatan dua kali, sedangkan Saudi dan Iran masing-masing tiga kali.

Bisakah Bersaing?

Namun, yang jadi pertanyaan adalah apakah Indonesia bisa bersaing dengan Korsel dan Jepang. Sebab, di Piala AFF saja Indonesia belum pernah menjadi juara.

Prestasi terbaik Indonesia di Piala AFF adalah enam kali menjadi runner up. Skuad Garuda berada di bayang-bayang Thailand (enam kali juara) dan Singapura (empat gelar).

Indonesia masih lebih baik di kategori usia. Skuad Garuda pernah juara AFF U-16, U-19 dan U-23 masing-masing sekali.

Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang pernah tampil di Piala Dunia. Namun, itu sudah lama yakni pada 1938 dengan nama Hindia Belanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya