Tinjau Stadion, Menpora Nilai GBLA Layak jadi Kandang Persib di Liga 1

Konferensi pers Menpora bersama PSSI
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Bola – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, meninjau langsung kondisi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan menjadi kandang Persib Bandung di Liga 1, Jumat 22 Juli 2022.

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Amali mengunjungi GBLA ditemani oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, Direktur Persib Teddy Tjahjono, Manajer Persib Umuh Muchtar, dan sejumlah pimpinan kota Bandung.

Dia menilai GBLA layak untuk menggelar pertandingan di Liga 1. Menurut Amali, hanya butuh perbaikan kecil yang bisa diselesaikan ketika musim berjalan.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

"Di Stadion GBLA kami meninjau mengenai kelayakan teknis, kenyamanan dan pengamanan. Untuk penjualan tiket, sampai penonton keluar stadion tadi sudah dijelaskan alurnya oleh Direktur Persib. Ini menindaklanjuti rakor kami sebelumnya," kata Zainudin Amali dikutip situs resmi PSSI.

"Khusus untuk pertandingan di Bandung ada perhatian bagi kami. Saya kira sudah cukup memadai Stadion GBLA menjadi tempat untuk pertandingan-pertandingan Persib. Penonton harus mematuhi peraturan yang ditetapkan kepolisian dan panitia pertandingan (panpel). Itu penguat diizinkannya GBLA sebagai tempat pertandingan dan Stadion ini layak menjadi home base Persib," tambahnya.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

GBLA sempat menjadi perbincangan lantaran kembali menelan korban pada laga pramusim Piala Presiden 2022 lalu. Terdapat dua korban tewas dalam laga Persib versus Persebaya Surabaya, Juni kemarin.

Hilangnya dua nyawa Bobotoh itu terjadi karena membeludaknya penonton yang hadir di GBLA. Membuat mereka terjepit dan kehabisan napas.

Sisa pertandingan Persib di Piala Presiden 2022 pun akhirnya dilanjutkan di Stadion Si Jalak Harupat. Namun, kini diharapkan GBLA sudah bisa menggelar pertandingan lagi.

Pasalnya, GBLA merupakan salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Jawa Barat. Pun, mereka lebih mudah dijangkau karena berada di Kota Bandung sehingga tak memakan waktu perjalanan terlalu lama.

"Kegiatan ini menindaklanjuti rapat koordinasi untuk memastikan kembali kelayakan Stadion GBLA untuk laga kandang Persib di Liga 1 2022/2023. Terima kasih untuk bapak Menpora dan Kapolda yang sudah mendukung Persib bisa berlaga di Stadion GBLA," ujar Iriawan.

"Ada beberapa perbaikan sedikit untuk Stadion GBLA setelah kami lihat kembali," jelasnya.

Lebih lanjut, Iriawan pun berharap jika ke depannya suporter bisa lebih tertib ketika Persib berlaga di GBLA. Tujuannya, agar tidak terjadi lagi hal-hal yang tak diinginkan mengingat GBLA akan dipertimbangkan untuk menggelar laga FIFA Match Day.

"Kepada pendukung Persib, kami berharap yang datang kesini sudah mempunyai tiket agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terulang. Setelah melihat kami juga bisa mempertimbangkan untuk pertandingan Timnas Indonesia pada laga FIFA Match Day digelar di sini," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya