Evaluasi Pemrov DKI Soal Pagar Penonton JIS yang Roboh

Pagar pembatas penonton di JIS roboh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Bola – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengevaluasi terkait masalah robohnya pagar penonton Jakarta International Stadium (JIS). Dengan melibatkan Jakpro, Jakmania, Persija Jakarta. 

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

"Menjaga stadion dengan keteladanan memang membutuhkan upaya dan usaha yang cukup tinggi, namun dengan kerjasama untuk saling mengingatkan dari seluruh pihak ini sangat mungkin diterapkan," kata VP Corporate Secretary Jakpro, Nadia Diposanjoyo di Jakarta, Selasa, 26 Juli 2022. 

Hal ini juga sesuai dengan arahan dan konsen pak Gubernur, untuk membiasakan diri menjadi penonton dan supporter teladan dimanapun berada. 

Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

"Apalagi di stadion kesayangan yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk warga agar dapat digunakan sepanjang waktu dan sepanjang musim.” ujarnya. 

Hasil evaluasi ke depan, Riza akan memastikan bahwa setiap ada pertandingan besar maupun event lainnya di JIS yang menyedot euforia dan potensi emosi yang menggelora akan dilakukan penertiban dan pengawasan lebih ketat. 

Pengakuan Jay Idzes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

"Terutama untuk lintas alur wara wiri serta batas pengaturan penonton pada setiap zona, memberikan peringatan dan edukasi bagi supporter dan penonton agar selalu tertib dan menjadi teladan, serta memitigasi resiko-resiko yang timbul dari hal-hal yang tidak di inginkan," katanya. 

Di sisi lain, Jakpro bersama KSO pelaksana pembangunan proyek JIS sehari setelah Grand Lauching JIS, 24 Juli 2022 kemarin, telah melakukan pengecekan kondisi seluruh dinding pembatas. 

Tujuannya untuk memastikan kondisi dinding pembatas setelah acara. Ke depan, untuk mengantisipasi perilaku  supporter yang tidak diinginkan, akan dilakukan penambahan kekuataan di area-area tertentu. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, bajwa JIS adalag ikon baru warga Jakarta yang mengedepankan konsep ruang ketiga, maha karya modern, estetis dan lestari. 

"Jakpro berhasil mengawali pembangunan dan menuntaskannya. Saya berterima kasih pada BUMD, dan saya juga berterima kasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini bapak presiden yang mempercayai pekerjaan ini bisa tuntas," kata Anies. 

Acara Grand Launching JIS pada Minggu, 24 Juli 2022 telah dimeriahkan sejumlah kegiatan seperti hiburan musik  hingga pertandingan sepakbola.  Sejumlah band Tanah Air turut memeriahkan acara yang dimulai  sejak pukul 16.30 WIB ini. Mulai dari Dewa 19 featuring Virzha, Setia Band, dan Kotak. Tidak hanya itu, juga digelar pertandingan persahabatan antara Persija dan Chonburi FC klub liga 1 dari Thailand dengan skor akhir sama kuat, yaitu 3 - 3. 

Laporan: Syaefullah 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya