Timnas U-16 Dapat Wejangan dari PSSI Usai Bekuk Filipina

Timnas Indonesia U-16 jalani latihan
Sumber :
  • pssi.org

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-16 mengawali kiprahnya di Piala AFF U-16 2022 dengan gemilang. Garuda Muda ini sukses menekuk Filipina dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu 31 Juli 2022.

Terkait penampilan Timnas U-16 saat melawan Filipina, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule angkat bicara. Iwan Bule menilai masih banyak evaluasi yang harus dilakukan dari penampilan timnas U-16.

Iwan Bule menyebut masih ada beberapa lubang dari penampilan anak asuh Bima Sakti ini. Iwan Bule memberi catatan pada penampilan kiper, lini pertahanan dan lini serang.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Iwan menuturkan kiper dinilainya kurang percaya diri dan hampir melakukan blunder. Sementara lini pertahanan dianggapnya masih terlalu lama untuk memainkan bola di area pertahanan yang disebut Iwan Bule area berbahaya. 

Sedangkan untuk lini depan, catatan Iwan Bule adalah masalah memaksimalkan peluang agar menjadi gol. Iwan Bule menuturkan di pertandingan melawan Filipina, timnas U-16 memunyai banyak peluang yang belum bisa dimaksimalkan jadi gol.

"Saya memerintahkan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri) untuk berkomunikasi dengan pelatih timnas U-16, Bima Sakti. Masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki," kata Iwan Bule usai pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Permasalahan lain yang disoroti Iwan Bule adalah masalah fisik pemain timnas U-16. Permasalahan ini juga disebut Iwan Bule akan ditangani Direktur Teknik bersama dengan pelatih timnas U-16.

"Fisik pemain belum begitu maksimal. Mungkin masih kurang latihan fisik. Saya meminta itu ditingkatkan," ucap Iwan Bule.

"Saya menginstruksikan kepada Direktur Teknik PSSI untuk menunjukkan potongan-potongan video kesalahan pemain untuk bahan evaluasi agar penampilan tim lebih baik dari laga sebelumnya," sambung Iwan Bule.

Meski demikian Iwan Bule menilai wajar masih ada celah dan kesalahan dari para pemain timnas U-16. Iwan Bule menyebut para pemain masih berusia anak-anak sehingga masih ingin show off.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

"Mereka ini anak-anak. Jadi mungkin masih ingin memperlihatkan mereka bisa menggiring, mengoper bola. Namun, kan, kalau lawan mampu mencetak gol, skor akan menjadi 2-1 dan berikutnya bisa saja 2-2," papar Iwan Bule.

"Walau demikian, saya berterima kasih kepada pemain dan pelatih. Kemenangan dari Singapura ini membuat kami cukup percaya diri untuk laga melawan Singapura," tutup Iwan Bule.
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain naturalisasi Indonesia disebut oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menunjukkan sikap yang luar biasa ketika mengenakan jersey Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024