Jurus Bima Sakti Naikkan Semangat dan Disiplin Pemain Timnas U-16

Pemain Indonesia U-16 saat melawan Filipina di Piala AFF U-16
Sumber :
  • instagram.com/pssi

VIVA Bola – Pemain Timnas Indonesia U-16 tengah berjuang mengharumkan nama bangsa di ajang Piala AFF U-16 2022. Untuk menaikkan semangat juang para pemainnya, pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman ternyata mempunyai jurus rahasia untuk memompa semangat anak asuhnya.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Bima Sakti menyebut para pemain merupakan anak-anak muda yang masih berumur 14 hingga 16 tahun. Secara mentalitas, lanjut Bima Sakti, para pemain masih naik turun.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo
Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Pelatih berusia 46 tahun ini mengungkapkan sosok orang tua memunyai peranan penting untuk menaikkan mental dan semangat para pemain. Bima Sakti membeberkan dirinya punya cara unik yaitu memasang foto orang tua pemain di ruang ganti pemain.

"Mereka (pemain) ingin membahagiakan kedua orang tuanya. Itu paling berasa. Di ruang ganti, kami tempel foto orang tua mereka," kata Bima Sakti di Lapangan UNY, Selasa 2 Agustus 2022.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

"Saya minta pemain menatap wajah (foto) orang tua mereka. Walaupun enggak hadir secara fisik, tapi Insyaallah orang tua mereka akan bangga. Akan mendoakan mereka saat bertanding," sambungnya.

Selain itu Bima Sakti membeberkan penerapan aturan yang ketat diperlukan untuk menjaga kedisiplinan para pemain. Aturan ketat ini antara lain masalah penggunaan ponsel, masalah seragam dan ibadah.

Timnas Indonesia U-16 jalani latihan

Photo :
  • pssi.org

"Mental mereka masih naik turun. Kita harus berproses, bikin aturan yang jelas. Kita belajar disiplin dari hal yang kecil agar terbawa ke dalam pertandingan," tegas Bima Sakti.

"Kita (satu) tim. Kalau ada satu yang salah satu, kita semua kena," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya