Vietnam TC Sampai Jerman, Bima Sakti: Timnas Indonesia di UNY Saja

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman.
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-16 membungkam Vietnam di laga final Piala AFF U-16 2022 yang digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman pada Jumat 12 Agustus 2022 dengan skor 1-0. Gol kemenangan Indonesia dicetak dimenit 45+2 lewat sepakan kaki Kafiatur Rizky.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman mengatakan kunci kemenangan Indonesia di Piala AFF U-16 2022 adalah kerja sama tim yang solid dan kerja keras pemain.

Bima Sakti menjelaskan di final, tim Vietnam bermain dengan sangat baik. Gaya main Vietnam, kata Bima Sakti berubah drastis dibandingkan saat dikalahkan Indonesia di fase grup A.

Bahkan permainan Vietnam dinilai Bima Sakti juga berbeda dengan saat menekuk Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Bima Sakti menyebut keampuhan permainan Vietnam ini merupakan dampak dari training camp (TC) yang mereka lakoni di Jerman.

Pemain Timnas Indonesia U-16.

Pemain Timnas Indonesia U-16.

Photo :
  • www.pssi.org


"Kita sempat nonton rekaman video Vietnam vs Thailand. Mereka (Vietnam) perubahannya sangat signifikan. Mereka tim yang bagus dan dipersiapkan lama," ucap Bima Sakti usai pertandingan final.

Bima Sakti menjabarkan bahwa kondisi ini berbeda dengan Timnas Indonesia U-16 yang hanya menjalani training camp (TC) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Meski demikian Bima Sakti mengaku kondisi itu tak jadi alasan untuk tidak mampu meraih juara.

"Saya ngobrol sama pelatihnya (Vietnam). Mereka sempat (TC) ke Jerman. Saya bilang (Indonesia) enggak. Saya (cukup TC) di UNY saja," kata Bima Sakti sambil tertawa.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 menjadi tim yang tak terkalahkan selama Piala AFF U-16 2022 digelar. Dari lima pertandingan yang dilakoni selama Piala AFF U-16 2022, anak-anak Garuda Asia selalu meraih kemenangan.