Gol PSIS Dianulir, Persib Raih Kemenangan Perdana di Liga 1 2022/23

Striker Persib Bandung, David da Silva.
Sumber :
  • Instagram/@persib

VIVA Bola - Persib Bandung menjamu PSIS Semarang dalam pertandingan pekan keempat Liga 1 2022/23 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada Sabtu sore WIB, 13 Agustus 2022. Di laga tersebut, Persib berhasil menang tipis.

Keluar dari Zona Degradasi, Arema FC Fokus Tatap 2 Laga Sisa

Selepas kick off, kedua tim memainkan tempo yang cepat. Persib coba tampil agresif dengan sangat intens mengusai bola, sedangkan PSIS berusaha menerapkan skema serangan balik cepat.

Pertandingan memasuki menit ke-22, petaka menimpa PSIS. Wasit menghukum mereka penalti setelah Jonathan Cantillana melakukan handball di kotak terlarang.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

David da Silva yang ditunjuk sebagai eksekutor sepakan penalti Persib sempat gagal menjalankan tugasnya setelah Wahyu Tri Prasetyo mampu menepisnya. Namun, wasit meminta David da Silva mengulang sepakannya dan yang kedua dia sukses membobol gawang PSIS.

Sayangnya, keunggulan Persib tak berlangsung lama. Pada menit 31, Taisei Marukawa berhasil membawa PSIS menyamakan kedudukan lewat tendangan kaki kirinya usai mengoptimalkan umpan silang dari Wawan Febrianto.

Persib Bandung Bertekad Sapu Bersih 2 Laga Sisa

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, kedua tim masih saling berbalas serangan. Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, skor imbang 1-1 tidak berubah.

Usai jeda, Persib coba meningkatkan intensitas serangan mereka, dengan memasukkan  pemain berkarakter ofensif seperti Dedi Kusnandar dan Febri Hariyadi. Sedangkan, PSIS tetap tampil seperti di paruh pertama.

Usaha Persib untuk mencetak gol akhirnya terwujud juga pada menit 66. David da Silva sukses menjebol gawang PSIS dengan tembakan kaki kanannya setelah memanfaatkan umpan terukur dari Ricky Kambuaya.

Menit 87, PSIS sebenarnya berhasil membobol gawang Persib melalui lemparan ke dalam jarak jauh dari Alfeandra Dewangga. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena lemparan ke dalam dari Dewangga tak menyentuh satu pemain pun sebelum bola masuk ke gawang.

Insiden itu sempat memicu protes dari kedua tim karena wasit sebelumnya mengesahkan gol tersebut hingga akhirnya dia menganulir gol tersebut dan memberikan tendangan ke gawang bagi Persib.

Hingga laga berakhir, tidak ada lagi gol yang terjadi. Persib akhirnya mengunci kemenangan 2-1 atas PSIS, sekaligus merupakan kemenangan perdana mereka di Liga 1 2022/23.

Hasil ini membuat Persib bertengger di peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1 2022/23 dengan raihan 4 poin dari 4 pertandingan. Sedangkan, PSIS menempati urutan kesembilan dengan perolehan poin yang sama seperti Persib.

Susunan pemain

Persib Bandung: Made Wirawan (PG); Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Daisuke Sato, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, Ciro Alves, David da Silva, Frets Butuan.

PSIS Semarang: Wahyu Tri Nugroho (PG); Frendi Saputra, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga, Ahmad Syiha Buddin, Delvin Rumbino, Andreas Ado, Taisei Marukawa, Wawan Febrianto, Jonathan Cantillana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya