Liga 2 Terapkan Format 3 Wilayah, Pelatih PSMS: Enggak Ada Masalah

Pelatih PSMS Medan, I Putu Gede Swisantoso
Sumber :
  • VIVA/B.S.Putra

VIVA Bola – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menetapkan format kompetisi Liga 2 Nasional 2022-2023 dengan format tiga wilayah, yakni wilayah barat, wilayah tengah dan wilayah timur.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Menyikapi hal tersebut, pelatih PSMS Medan, I Putu Gede, mengaku tidak permasalahkan format tiga wilayah itu. Ia mengatakan tengah memantapkan skuad ayam Kinantan untuk mengahadapi kompetisi dengan baik.

"Enggak ada masalah, terlebih di tiga wilayah ini ada beberapa fase. Mulai fase babak grup dan fase lolos dari babak grup," ucap Putu kepada wartawan, Kamis 18 Agustus 2022.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Dalam format tersebut, diketahui setelah selesainya seluruh babak pendahuluan grup 3 wilayah ini, diperkirakan dua tim teratas dari masing-masing wilayah berhak melaju ke babak selanjutnya yakni babak 6 besar.

"Jadi dengan ini fokus pertama kita lolos dulu dari fase grup, kita harus berjuang dengan jumlah pertandingan yang lebih sedikit, sehingga harus kita persiapkan," ungkap Putu.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Putu menjelaskan format tiga wilayah itu, tidak mempengaruhi persiapan tim sepakbola kebanggaan Kota Medan untuk mengahadapi kompetisi ini.

"Di satu sisi, dengan tiga wilayah ini menurut saya tidak terlalu memberatkan dari sisi finansial buat manajemen. Jadi (tiga wilayah) tidak masalah," jelas Putu.

Lebih lanjut, Putu menyebut pihaknya kemungkinan masih mengagendakan sekali laga uji coba sebelum kick-off Liga 2 musim ini yang diwacanakan pada 27 Agustus mendatang.

"Masih ada agenda uji coba, tapi lihat jadwal (kick-off Liga 2) dulu, kalau sesuai dengan jadwal tanggal 27 mungkin hanya sekali lagi saja," sebutnya.

Ketika disinggung perihal amunisi baru, dirinya menyebut masih menunggu calon pemain pinjaman dari klub Liga 1, Bhayangkara FC. Di mana pemain tersebut berposisi full back.

"Kita masih menunggu (pemain pinjaman Bhayangkara). Kalau posisi yang lain tidak ada lagi. Sudah cukup, tinggal penyesuaian saja," ujar Putu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya