18 Wasit Dihukum PSSI, Ada yang Nganggur sampai Setengah Musim

Kantor PSSI
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA Bola – PSSI melalui Komite Wasit menjatuhkan hukuman pembinaan khusus tanpa tugas kepada sejumlah perangkat pertandingan yang bermasalah dari pekan 1 hingga 5 kompetisi Liga 1 2022/2023.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Perangkat pertandingan ini terdiri dari wasit, additional assistant referee, dan asisten wasit. Sejumlah orang ini mendapatkan berbagai macam jenis hukuman.

Mulai dari tidak ditugaskan selama empat pekan, sampai ada yang diparkir selama 10 pekan. 

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Selain itu, sejumlah wasit juga tidak akan diberikan tugas hingga pekan ke-16, atau hampir setengah musim kompetisi berjalan.

Di antaranya adalah Sance Lawita. Dia bertugas sebagai wasit dalam laga Borneo FC vs Persebaya pada pekan kelima.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Sance Lawita dinilai lalai menerapkan pasal 12, hanya memberikan KK (kartu kuning) yang semestinya KM (kartu merah) kepada pemain Borneo FC yang melanggar pemain Persebaya dengan tenaga berlebihan ( very very dangerous Play).

"PSSI berharap seluruh perangkat pertandingan menjalankan tugas sesuai Law of The Game (LOTG). Setiap wasit yang menjalankan tugas dengan baik pasti ada award, namun bila tidak menjalankan tugas dengan baik akan ada pembinaan tanpa tugas" kata Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh.

Ahmad Riyadh menambahkan, bahwa wasit-wasit yang belum pernah mendapatkan pembinaan khusus tanpa tugas agar berhati-hati menjalankan tugas. Ia berharap mereka tetap fokus dan jalan tugas sesuai LOTG.

"Untuk perangkat pertandingan yang sedang menjalani pembinaan khusus tanpa tugas, tentu kami akan memberikan semangat dan akan melakukan meeting menanyakan kesiapan mental serta fisiknya agar ke depannya tidak melakukan kesalahan, " tambahnya.

Komite Wasit direncanakan akan menggelar koordinasi dan evaluasi menyeluruh setiap pekan ke-10 dan kelipatannya kepada seluruh perangkat pertandingan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya