PSM Tanpa Bek Andalan di Final, Pengganti Diharap Tak Canggung

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares (kiri)
Sumber :
  • Ofisial PSM Makassar

VIVA Bola – PSM Makassar dipastikan tak akan diperkuat bek andalannya saat menghadapi Kuala Lumpur City FC di babak final Piala AFC 2022 zona ASEAN di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu 24 Agustus 2022. 

Arema FC Bakal Rotasi Pemain Saat Lawan PSM Makassar

Dua bek andalan Juku Eja, yakni Yuran Fernandes dan Agung Mannan, terpaksa absen karena akumulasi kartu.

Absennya Yuran Fernandes dan Agung Mannan membuat PSM Makassar harus memutar strategi khususnya di sektor pertahanan guna menghadapi pertandingan tersebut.

Arema FC Dalam Motivasi Tinggi Saat Melawan PSM 

Keduanya dipastikan tidak dapat dimainkan usai ganjaran kartu merah yang didapatnya saat menghajar Kedah FC di semifinal Piala AFC dengan skor akhir 2-1.

Sanksi yang didapatkan membuat PSM Makassar harus mencari pengganti untuk mengisi slot lini belakang Juku Eja. Tentu, itu bukan tugas mudah mengingat peran keduanya cukup krusial.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Pengamat sepakbola, Assegaf Razak, menilai tanpa Yuran dan Agung akan cukup berpengaruh pada kokohnya lini belakang PSM. Hal ini yang menurutnya harus segera diantisipasi pelatih PSM Bernardo Tavares.

"Strateginya nanti tanpa dua pemain inti di belakang tentu sudah seharusnya diantisipasi lebih awal. Pemain yang menggantikan setidaknya mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda," kata Assegaf, Senin 22 Agustus 2022.

Menurut mantan pelatih PSM Makassar itu bahwa peran Yuran cukup sentral di lini pertahanan Juku Eja musim ini. Begitu juga dengan Agung Mannan yang sangat agresif memutus serangan cepat lawan di sisi kiri pertahanan.

Kendati begitu, Assegaf meyakini Bernardo dapat meramu klub asuhannya itu. Diharapkan pemain pengganti bisa tampil baik untuk menutupi lubang yang ditinggalkan keduanya.

"Kita percayakan kepada pelatih Bernardo dalam meramu timnya. Saya rasa masih ada pemain yang bisa dipakai seperti Erwin dan Safrudin yang juga bermain bagus di pramusim," bebernya.

Menurut Assegaf, Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar menjadi satu-satunya opsi yang bisa dimainkan Juku Eja. Sebab pemain belakang lainnya, seperti Abdul Rahman Sulaeman masih dalam tahap pemulihan cedera dan Ganjar Mukti resmi dicoret PSM.

"Tinggal bagaimana meningkatkan chemistry kedua pemain ini Erwin dan Safrudin. Karena ini bisa jadi laga pertama mereka bermain bersama di laga resmi. Jadi kalau perlu kehati-hatian karena kemarin kita liat Yuran bisa jadi leader di lini belakang. Sekarang tugas Erwin dan Safrudin mengambil alih," urainya.

Assegaf cukup berharap, agar Erwin dan Safrudin tidak canggung dalam bermain. Begitu juga dengan pelatih Bernardo dalam mengatasi dan meningkatkan motivasi pemainnya. Meski tak bisa dipungkiri laga final zona ASEAN AFC Cup ini punya tensi yang lebih besar dari laga-laga lainnya.

"Mudah-mudahan pelatih Bernardo Tavares bisa mengatasinya dan meningkatkan motivasi bermain para pemainnya," terangnya.

Berikut daftar skuad PSM Makassar vs Kuala Lumpur City

Kiper: Reza Arya Pratama, Harlan Suardi

Bek: Safrudin Tahar, Erwin Gutawa, Yance Sayuri, Dallen Doke, Samuel Simanjuntak

Gelandang: Victor Jonson, Ananda Raehan, Dzaki Asraf, Ramadhan Sananta, Rasyid Bakri, Akbar Tanjung, Byran Cesar, M Arfan, Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri

Penyerang: Kenzo Nambu, Everton Nascimento, Wiljan Pluim

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya