Pesepakbola Putri Indonesia Punya Talenta Main di Eropa

Pemain timnas putri Indonesia.
Pemain timnas putri Indonesia.
Sumber :
  • https://www.pssi.org/

VIVA Bola –  Perwakilan LaLiga di Indonesia, Rodrigo Gallego mengatakan pesepakbola putri Indonesia memiliki talenta untuk merintis karier di Eropa.

Hal ini diungkapkan oleh Rodrigo dalam sebuah acara yang menyambut LaLiga Santander musim 2022/23 di TRIBON Mini Soccer, Jakarta pada Rabu 24 Agustus 2022.

"Saya rasa pemain sepak bola wanita Indonesia mempunyai talenta yang cukup bagus untuk merintis karier di Eropa, seperti Zahra (Muzdalifah) dan Shalika Aurelia," ucap Rodrigo.

"Di Indonesia, sepak bola putri bisa dibilang masih baru, tetapi sekarang sudah ada profesionalnya. Saya harap ke depan ada kabar bagus lagi terkait pesepak bola putri Indonesia yang akan berkarier di Eropa," kata Rodrigo Gallego.

Dia mengatakan bahwa dalam memajukan sepak bola wanita di Indonesia, dibutuhkan banyak faktor seperti investasi dari badan sepak bola, fasilitas dan kompetisi yang baik.

Rodrigo mengatakan bahwa LaLiga tertarik untuk membantu mengembangkan sepak bola wanita Indonesia.

Hal itu juga sebelumnya telah diungkapkan perwakilan LaLiga saat melakukan pertemuan bersama PSSI pada Juli 2022 lalu.

Pertemuan tersebut juga membahas tentang program pengembangan sepak bola wanita. Selain itu, LaLiga juga berharap bisa menjalin kerja sama dengan PSSI dalam membangun kualitas pemain muda.

Rodrigo Gallego pun mengungkapkan bahwa LaLiga telah menjalin kerja sama terkait program pengembangan sepak bola wanita dengan banyak negara di berbagai benua. Dia juga menilai bahwa Indonesia menjadi salah satu negara penghasil pemain-pemain muda bertalenta terbaik di Asia.

Saat ini Shalika Aurelia menjadi pesepak bola wanita pertama Indonesia yang berkarier di Eropa. Dia bergabung ke klub Italia, Roma Calcio Femminile (CF) sejak Januari 2021.

Sementara itu, Zahra Muzdalifah yang sempat tergabung di klub Persija Jakarta Putri, hingga timnas putri Indonesia, kini sedang menjalani trial di salah satu klub sepak bola Inggris South Shields FC. (Ant)