Viral Sindiran Stadion Standar PSSI, Salah Satunya Pakansari Tergenang

Perawatan rumput lapangan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA Bola – PSSI sedang dalam sorotan. Sebabnya adalah penilaian mereka terhadap Jakarta International Stadium (JIS) yang belum sesuai dengan standar FIFA. Banyak publik yang menganggap penilaian PSSI itu terlalu mengada-ada.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Dalam keterangannya, PSSI menyebutkan sejumlah kekurangan dari JIS. Mulai dari faktor keamanan seperti titik drop off tim sampai perimeter tribun yang belum kokoh.

Lalu PSSI juga menyoroti kantung parkir JIS yang cuma bisa menampung 800 kendaraan roda empat. Sedangkan daya tampung tribun mencapai 80 ribu. Akses yang cuma satu pintu juga jadi sorotan.

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Karena faktor-faktor itulah kemudian PSSI mengurungkan niat menggelar FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September 2022 di JIS.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha
Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

''Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur . Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catalan FIFA,’’ kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

PT Jakarta Propertindo sebagai pihak yang membangun JIS angkat bicara. Mereka memaparkan sejumlah argumen untuk mematahkan penilaian PSSI.

Disebutkan dalam siaran pers mereka, jika JIS dibangun sejak awal dengan kehadiran Assessor FIFA. Mereka juga menggunakan jasa Buro Happold yang sudah terkenal sebagai konsultan stadion di Eropa dan Piala Dunia 2022 Qatar.

Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Pernyataan PSSI tersebut awal dikeluarkan melalui laman resmi pada Jumat 9 September 2022. Dan sampai sekarang, pembahasannya tak pernah berhenti di media sosial.

Bahkan sejumlah akun Twitter yang biasa berbicara politik, bukan sepakbola turut larut dalam polemik ini. Anggapan ada upaya PSSI membuat opini buruk terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tak bisa dihindari.

Lalu ada balasan pula kepada PSSI sebagai buntut masalah ini. Sebab, dalam artikel yang sama, di bagian akhirnya ada dua alternatif stadion pengganti JIS.

Disebutkan di dalamnya jika Stadion Pakansari dan Stadion Patriot Candrabhaga menjadi opsi pengganti. Kedua stadion ini terletak di daerah Jawa Barat.

Sedangkan pertandingan pertama Timnas Indonesia vs Curacao pada 24 September 2022 sudah lebih dulu dipastikan berlansung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Sontak persepsi ada kepentingan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang dimunculkan oleh warganet. Bukan tanpa alasan, karena sejak jauh hari, nama pria yang akrab disapa Iwan Bule itu digadang-gadang jadi calon Gubernur Jawa Barat.

Standar PSSI Lapangan Tergenang

Untuk membalas penilaian PSSI terhadap JIS, sejumlah warganet ramai mengutarakan sindiran. Salah satunya adalah membagikan video kondisi lapangan yang digunakan untuk Timnas Indonesia.

Pada 2017, PSSI sempat menggelar Tsunami Cup di Aceh. Pertandingan melawan Mongolia yang jadi sorotan karena ketika itu lapangan Stadion Harapan Bangsa tergenang air.

Nampak pemain Indonesia, Ilija Spasojevic meratakan tanah menggunakan tangannya ketika hendak melakukan eksekusi penalti.

Tak berhenti sampai di situ, Stadion Pakansari yang jadi alternatif pengganti JIS pun jadi sorotan dari publik. Karena baru-baru ini digunakan Rans Nusantara FC bertanding di Liga 1 2022/2023.

Ketika hujan deras mengguyur, terlihat jelas dari tribun banyak genangan air di sana. Inilah yang kemudian membuat keputusan PSSI batal menggunakan JIS menjadi kontroversi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya