3 Gol Sundulan Indonesia U-20, Shin Tae-yong Mau Tambah Variasi

Indonesia U-20 merayakan gol ke gawang Timor Leste
Sumber :
  • pssi.org

VIVA Bola – Indonesia U-20 memenangkan pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 melawan Timor Leste. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu malam WIB 14 September 2022, skuad asuhan Shin Tae-yong unggul 4-0.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Tiga gol Indonesia U-20 diborong oleh Hokky Caraka. Sedangkan satu sisanya disumbangkan oleh Rabbani Tasnim. Dari semua gol tersebut, cuma satu yang berasal dari tendangan, sisanya dari sundulan.

Gol tendangan dilakukan oleh Hokky pada menit ke-12. Lalu dua gol sundulan darinya, dan Rabbani juga menjebol gawang Timor Leste dengan sundulan.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Skema umpan silang dan diteruskan dengan sundulan untuk menjadi gol memang tak biasa bagi Indonesia. Karena biasanya penyerang sulit untuk duel udara dengan lawan akibat faktor kalah tinggi badan.

Gelandang Indonesia U-20, Marselino Ferdinan

Photo :
  • pssi.org
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Hal itu pula yang menjadi kekhawatiran ketika Indonesia U-20 menghadapi Hong Kong pada pertandingan berikutnya. Shin Tae-yong kalem menanggapi hal tersebut.

Menurut dia, dalam sepakbola, skema permainan bisa berubah-ubah tergantung situasi. Dia akan berusaha untuk menambah variasi serangan tim sehingga bisa mencetak gol lebih banyak menggunakan kaki.

"Sepakbola pasti menggunakan formasi dasar, tapi dalam setiap keadaan pasti akan berubah-ubah. Pemain juga harus bisa mengikuti instruksi dengan baik, baru akan ada hasil baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Hari ini mungkin gol sundulan, tapi untuk lawan Hong Kong kami akan berusaha dan mempersiapkannya mencetak gol dengan kaki," imbuhnya.

Shin Tae-yong Menilai Hong Kong

Penyerang Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh

Photo :
  • pssi.org

Di atas kertas, Indonesia U-20 dijagokan bisa mengalahkan Hong Kong. Bukannya tanpa alasan penilaian itu muncul. Karena pada laga perdana mereka di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, kekalahan telak 1-5 dari Vietnam didapatkan.

Shin Tae-yong juga turut menyaksikan jalannya pertandingan tersebut. Dari sana dia melihat jika Hong Kong minim persiapan untuk tampil dalam ajang ini.

Juru taktik asal Korea Selatan itu bahkan tak ragu menyebut pesaing Indonesia U-20 untuk memperebutkan posisi pertama di klasemen dari grup ini cuma Vietnam.

"Pastinya Indonesia akan bersaing untuk memperbutkan peringkat satu dengan Vietnam. Saya sempat nonton, tapi saya merasa Hong Kong belum ada persiapan yang matang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya