Thailand, Calon Korban Timnas Indonesia Usai Main 'Curang'?

Timnas Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-20
Sumber :
  • AFC

VIVA Bola – Nasib Timnas Thailand U-20 di Piala Asia U-20 berada di ujung tanduk. Mereka terancam gagal lolos ke Uzbekistan. Mungkinkah ini jadi karma karena telah curangi Indonesia?

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah mencapai babak akhir. Sembilan dari sepuluh grup sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pertandingannya. Sembilan juara grup di kualifikasi dan satu tuan rumah telah memastikan tiket putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. 

Kesembilan juara grup tersebut adalah Arab Saudi, Qatar, Jepang, Jordania, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Tajikistan, dan Iran. Sedangkan, tuan rumah Uzbekistan sudah dipastikan lolos otomatis.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan gol

Photo :
  • PSSI

Selain juara grup, ada beberapa runner up grup yang juga telah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Sebab, 6 runner up terbaik dari 10 grup akan diambil untuk menggenapi peserta Piala Asia U-20 2023 menjadi 16.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Sejauh ini, dari sembilan grup yang sudah menjalani babak kualifikasi, ada empat runner up terbaik yang dipastikan melaju ke putaran final. Dari Asia Tenggara ada Indonesia dan Vietnam dengan status juara grup dan runner up terbaik. Namun masih ada peluang satu tim lagi dari Asia Tenggara yang siap bergabung yaitu Thailand. Skuad Gajah Perang secara mengejutkan terancam gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023.  

Thailand menempati urutan kelima klasemen runner up terbaik dengan perolehan 6 poin dan selisih gol plus 3. Torehan ini sama seperti Suriah. Namun, Suriah berada di atas Thailand di klasemen peringkat dua terbaik karena unggul disiplin poin.

Posisi Thailand terbilang tidak begitu aman. Pasalnya, Grup H yang dihuni Irak, Australia, India, dan Kuwait, baru akan menjalani rangkaian pertandingannya, pada Oktober mendatang. Jika empat tim tersebut bisa mengungguli poin dan selisih gol Thailand, maka Gajah Perang harus rela absen di Piala Asia U-20 2023.

Akibat curangi Indonesia?

Ya, sebelumnya Thailand pernah membuat Timnas Indonesia gigit jari. Di Piala AFF U-19 2022 Thailand dianggap 'main mata' dengan Vietnam di laga terakhir fase grup. 

Laga terakhir Indonesia berharap kedua tim ini saling mengalahkan. Namun yang terjadi di luar harapan, kedua tim main imbang 1-1. Bahkan baik Thailand dan Vietnam seperti menahan diri untuk mencetak gol karena di 20 menit jelang laga berakhir mereka ogah-ogahan ketika bermain. 

Akhirnya Indonesia gagal di lolos dari fase grup dan menanggung malu karena berstatus sebagai tuan rumah.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya