Persija Jakarta Pensiunkan Nomor Pungung 14 Milik Ismed Sofyan

Ismed Sofyan saat menjadi kapten Persija Jakarta.
Sumber :
  • Twitter/@Persija_Jkt

VIVA Bola – Nomor punggung 14 milik eks pemain Persija Jakarta, Ismed Sofyan kabarnya bakal dipensiunkan dalam skuad Macan Kemayoran. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada pemain yang telah membela Persija selama 21 tahun itu.

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

Loyalitasnya tak perlu diragukan lagi, banyak suka-duka yang telah dilalui sosok kapten yang membawa Persija meraih gelar ke-11 pada musim 2018 lalu. Bergabung sejak tahun 2002, tentu sudah banyak laga yang dijalani Ismed Sofyan bersama tim kebanggaan Jakmania.

Ismed Sofyan eks pemain Persija Jakarta

Photo :
  • PSSI
Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

"Sudah pasti nomor 14 Ismed dipensiunkan sebagai bentuk apresiasi terhadap legenda Persija," kata Direktur Persija Ferry Paulus saat dihubungi awak media, Kamis 22 September 2022.

Jika kabar tersebut benar, berarti Persija Jakarta resmi telah mempensiunkan tiga nomor. Selain nomor punggung 14 milik Ismed, ada nomor 20 milik Bambang Pamungkas dan angka 12 yang memang dipersembahkan khusus untuk suporter mereka The Jakmania.

Pengakuan Jay Idzes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

“Nomor 20 juga dipensiunkan ketika Bambang pensiun. Nomor 12 The Jakmania sudah dari awal," ucapnya.

Sebelumnya, Ismed Sofyan resmi mengumumkan perpisahannya dengan Persija Jakarta melalui media sosial Instagram pribadinya pada Selasa 13 September 2022 malam.

Dalam unggahan tersebut Ismed menuliskan kalimat perpisahan yang membuat Jakmania mengaku sedih. Berikut kalimat yang ditulisnya:

"Kalimat sederhana untuk the Jakmania. Meninggalkan atau ditinggalkan itu sudah menjadi siklus kehidupan. Berbeda cara akan berbeda makna. Hanya saja itu semua sudah berdasarkan ketetapan-Nya.”

"Kalimat sederhana ini saya harap bisa tersampaikan kepada kalian semua yang sudah men-support saya sampai detik ini. Atas izin Allah melalui kalian saya bisa sampai seperti saat ini, dan juga atas dukungan tulus kalian saya masih berada di sini."

Kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan mengangkat trofi Liga 1 2018

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dalam unggahan tersebut Ismed mengungkap sebetulnya kebersamaan dia dengan Persija telah berakhir sejak 11 Agustus 2022 silam. Dia juga meminta maaf karena tidak membuat perpisahan yang bisa memberi kesan.

Ada kalimat dari unggahan Ismed tersebut yang membuat penasaran. Karena dia mengatakan bakal tetap gantung sepatu, namun tidak di Persija. Ini menjadi pertanda dia akan bermain lagi di klub lain.

"Status saya sudah bukan sebagai pemain Persija lagi per tanggal 11 Agustus, dan sudah menyelesaikan kontrak dengan tim manajemen, tetapi Insyaallah saya tetap akan gantung sepatu sebagai pemain bola, tapi tidak di Persija. Saya memohon maaf karena tidak bisa membuat perpisahan yang meninggalkan kesan."

"21 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi saya selalu berada bersama kalian, suka duka tim ini sudah kita lewati bersama. Tetaplah seperti ini terhadap klub bola yang kalian cintai. Selalu memberi support untuk siapapun pemain yang berjuang di tim ini. Tetaplah menjaga solidaritas, semakin bijak dalam memberi aspirasi, dan menjadi suporter yang dewasa dalam membela tim kecintaannya."

"Sekali lagi terima kasih banyak Jakmania dukungan kalian selalu luar biasa. Jakmania mungkin Saya bukanlah legenda, saya hanya lelaki biasa yang mengais rezeki di Ibu Kota. Tetapi dimanapun saya berada, Jakmania selalu mempunyai tempat di hati saya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya