Koperasi Persebaya Tolak Azrul Ananda Mundur, Ini Alasannya

Azrul Ananda bersama Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Fajar Sodik (Solo)/ VIVA

VIVA Bola – Koperasi Surya Abadi Persebaya (KSAP) menolak pengunduran diri Azrul Ananda dari posisi CEO Persebaya Surabaya. Alasannya, Azrul dianggap berhasil mengembangkan Bajul Ijo. Penolakan Koperasi Persebaya atas keputusan Azul itu sama dengan pernyataan pelatih Persebaya sebelumnya, Aji Santoso.

Dihajar Persib Bandung, Persebaya Surabaya Siap Bangkit Demi Hindari Degradasi

“Kami telah menggelar pertemuan dengan seluruh pengurus KSAP. Keputusan yang dihasilkan yakni menolak pengunduran diri Saudara Azrul dari posisi CEO PT Persebaya Indonesia,” kata Ketua Koperasi Surya Abadi Persebaya Cholid Goromah dalam keterangannya, Kamis, 22 September 2022.

Dia menjelaskan, rapat digelar koperasi setelah menerima surat pengunduran diri dari Azrul Ananda pada Senin lalu. Cholid menuturkan, koperasi memutuskan pengunduran diri Azrul karena tidak menemukan alasan kuat untuk menerima surat pengunduran diri putra Dahlan Iskan tersebut.

Pengakuan Mengejutkan David Da Silva Usai Hattrick ke Gawang Mantan

Menurut Cholid, di bawah kepemimpinan Azrul, Persebaya justru memberikan manfaat kepada koperasi. Dia mencontohkan, Persebaya mampu menyelesaikan masalah dualisme Persebaya 2017 lalu, kemudian membawa Persebaya juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1 dan berhasil memenangi kompetisi Piala Gubernur Jatim 2020. Capaian itu diperoleh Persebaya di bawah kepemimpinan Azrul.

Selain itu, lanjut Cholid, Azrul juga dinilai bisa memberikan kontribusi ekonomi terhadap Persebaya melalui penjualan merchandise tim. Azrul juga mampu memberdayakan pemain muda internal menjadi pemain profesional, serta konsisten menyumbang pemain Persebaya ke Timnas Indonesia.

Persib Bandung Tampil Lepas Usai Pastikan Tiket ke Championship Series

"Persebaya mampu berkembang dengan baik di tangan Saudara Azrul, baik dari sisi brand maupun prestasi. Saudara Azrul mampu mengemban amanat yang diberikan seluruh stakeholder Persebaya," ujar Cholid.

"Karena itu, dengan tegas kami sampaikan menolak pengajuan maupun keputusan mundur Saudara Azrul dari posisi CEO PT Persebaya Indonesia," tegas Cholid.

Sebelumnya, Azrul Ananda memutuskan mundur sebagai CEO Persebaya Surabaya setelah evaluasi atas kekalahan Persebaya melawan RANS FC di Liga 1 beberapa waktu lalu. "Saya akan mengundurkan diri dari CEO Persebaya. Semua tanggung jawab, semua tanggungan akan kita selesaikan sebaik mungkin,” katanya pada Jumat pekan lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya