Shin Tae-yong Ungkap Keuntungan Timnas Indonesia Hadapi Curacao

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan laga FIFA Matchday melawan Timnas Curacao bisa menjadi ajang meningkatkan performa skuad Garuda.

Menurutnya, Curacao merupakan tim yang memiliki peringkat FIFA jauh di atas Timnas Indonesia. Saat ini, kata dia, peringkat Timnas Indonesia berada di posisi ke-155, sedangkan Timnas Curacao berada di peringkat ke-84.

"Memang sangat tinggi ya rangkingnya (Curacao), jadi saya ingin melihat tim kita apakah bisa melawan tim bagus ini dengan baik atau tidak, dan apakah bisa memainkan permainan yang kami inginkan," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang pertandingan di Bandung, Jawa Barat, Jumat 23 September 2022.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong

Photo :
  • https://www.pssi.org/

Dengan menghadapi lawan yang lebih bagus, dia bersama tim pelatih bisa memperbaiki performa dan memainkan skema antisipasi bila menghadapi tim yang lebih kuat. Sehingga, kata dia, timnas Indonesia bisa lebih berpengalaman.

Meski begitu, ia pun tetap mempersiapkan skuad Garuda dengan matang untuk menghadapi Curacao. Dia berharap laga kontra Curacao itu bisa berakhir dengan kemenangan bagi kubu tuan rumah.

"Saya tetap mempersiapkan tim ini dengan baik agar memberikan kebahagiaan kepada pendukung yang haus akan kemenangan," kata dia.

Sementara itu, bek Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto mengatakan Timnas Curacao lebih kuat karena dihuni oleh sejumlah pemain dari klub liga-liga Eropa.

Sebagai pemain senior di lini pertahanan skuad Garuda, ia memastikan bakal bekerja secara maksimal untuk menjalankan arahan pelatih di lapangan.

"Dari tim pelatih sudah menganalisa bagaimana harus menyerang dan bertahan, mudah-mudahan besok berjalan baik," kata Fachruddin.

Indonesia bakal dua kali menghadapi Curacao pada Sabtu 24 September di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan pada Selasa 27 September di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Ant)