Buah Eksperimen STY, Yakob Sayuri Bisa Jadi Pesaing Asnawi Mangkualam

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri
Sumber :
  • instagram.com/pssi

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melakukan eksperimen kepada Yakob Sayuri saat menghadapi Timnas Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu 24 September 2022. 

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

Pelatih asal Korea Selatan itu memasang Yakob Sayuri sebagai bek kanan. Padahal awalnya pemain berusia 25 tahun itu bermain di posisi gelandang kanan. 

Namun, eksperimen Shin Tae-yong membuahkan hasil positif. Yakob tampil apik sepanjang pertandingan dan berhasil mengantarkan Indonesia meraih kemenangan 3-2 atas Curacao. 

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Posisi bek sayap kanan sejatinya dihuni Asnawi Mangkualam Bahar. Namun, pemain Ansan Greeners tersebut tidak berada dalam kondisi prima setelah mengalami cedera. 

Dimas Drajad dan pemain Timnas Indonesia merayakan gol

Photo :
  • PSSI
Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

"Memang Yakob Sayuri bukan pertama kali dipilih. Tahun 2021 untuk turnamen di Dubai, tapi Yakob memang kondisinya baik, jadi dipilih kembali," ujar Shin Tae-yong kepada wartawan. 

Shin Tae-yong menilai Yakob tampil bagus ketika bertahan dan penyerangan. Namun, sayangnya Timnas kebobolan dua gol karena lemahnya organisasi di lini belakang. 

"Untuk penyerangan baik, tapi untuk pertahanan itu sama semua, siapa yang bermain sebagai bertahan itu semua sama, kurang baik terhadap organisasi, tapi untuk Yakob Sayuri itu saya nilai baik," jelasnya. 

Pelatih berusia 51 tahun ini mengakui masih butuh waktu untuk membenahi lini belakang. Hal ini tentunya jadi perhatian khusus Timnas ke depan. 

"Jadi memang untuk membuat organisasi bertahan itu perlu waktu, tapi tim kita memang kurang untuk latihan pertahanan, memang ada beberapa kali kesalahan, itu akan lebih fokus memperbaikinya, dan lebih detil lagi untuk pertahanan," papar Shin Tae-yong. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya