Fakta Mengerikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong
Sumber :
  • https://www.pssi.org/

VIVA – Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Curacao pada laga persahabatan FIFA Match Day. Berlaga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 24 September 2022, Timnas Indonesia menang dengan skor 3-2.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Kemenangan ini menambah catatan cemerlang Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. Melansir Transfermarkt, pelatih asal Korea Selatan itu telah membawa Indonesia menang sebanyak 12 kali sebagai juru taktik. Sebanyak lima laga lainnya imbang, dan lima berakhir kekalahan.

Selain itu, di bawah kendali Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sudah mencetak 51 gol. Adapun kemenangan terbesar yang pernah diraih skuad Garuda saat melibas Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Sejak dikontak pada akhir Desember 2019, Shin Tae-yong sudah memimpin Indonesia di tiga ajang resmi. Bersamanya, Indonesa  lolos ke Piala Asia 2023 dan finis runner-up di Piala AFF 2020.

Prestasi Shin Tae-yong juga ditambah dengan keberhasilan meloloskan Timnas Indonesia U-20 ke ajang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Di sisi lain, pemain yang mendapatkan kepercayaan lebih dari Shin Tae-yong adalah Rachmat Irianto dan Pratama Arhan. Keduanya sudah 21 kali bermain. 

Arhan mencetak tiga gol dan enam assist, dua assist di antaranya dikemas saat Indonesia vs Curacao. Sementara Rachmat Irianto memberi kontribusi tiga gol dan dua assist.

Adapun pemain paling subur di era Shin Tae-yong adalah Witan Sulaeman. Dia mencatatkan enam gol dan enam assist dalam 19 pertandingan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya