Kalau Shin Tae-yong Mau, PSSI Siap Kasih 4 Tahun Perpanjangan Kontrak

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA Bola – Nama Shin Tae-yong dielu-elukan oleh suporter sepakbola Indonesia. Sebab, di bawah arahannya, permainan Timnas Indonesia senior hingga kelompok umur menunjukkan peningkatan.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Betapa suporter sepakbola Indonesia mendukung Shin Tae-yong terlihat jelas ketika Indonesia mengalahkan Curacao dalam FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa malam WIB 27 September 2022.

Kemenangan 2-1 Indonesia disambut gemuruh oleh suporter. Begitu wasit meniup peluit tanda laga usai, para penonton menyanyikan 'Shin Tae-yong Ale Ale'. Juru taktik asal Korea Selatan itu membalas dengan lambaian tangan.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan analisa dan diskusi. Dari sana disepakati, mereka mau memberi perpanjangan kontrak selama empat tahun kepada Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles
Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

"Beberapa kemajuan pesat terasa dari semua tim nasional. Sehingga ketika 2023 kontraknya habis, minimal per empat tahun diperpanjang," kata Iriawan yang hadir di Media Centre Stadion Pakansari usai laga.

Tapi persoalan perpanjangan kontrak ini PSSI memilih bersabar. Mereka akan membiarkan Shin Tae-yong terlebih dulu fokus mempersiapkan tim menuju Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

PSSI sudah mengagendakan Indonesia U-20 untuk menggelar pemusatan latihan di luar negeri. Sejumlah negara sudah dikantongi, tapi masih belum ditentukan pastinya.

"Pemusatan latihan ke Spanyol atau Portugal. Saya ajukan juga ke Belanda, kaerna bisa lihat pemain keturunan. Atau Turki karena banyak lawan kita yang ke sana," tutur Iriawan.

Shin Tae-yong Juga Belum Mau Diganggu

Pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan gol

Photo :
  • PSSI

Sehari sebelumnya, Shin Tae-yong ditanya komentarnya mengenai rencana PSSI mengajukan perpanjangan kontrak kepadanya. Tapi, pelatih berusia 51 tahun tersebut belum mau memberi tanggapan jelas.

Bagi dia, kontrak yang ada hingga 2023 lebih dulu harus dijalani. Dia juga ingin fokus mempersiapkan tim Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20. Karena memang itu yang jadi target awal kedatangannya.

"Jujur saja, saya tidak pernah bicara mengenai perpanjangan kontrak dengan PSSI. Karena itu masih lama, kontrak saya Desember 2023. Belum tahapnya untuk membicarakan itu," kata Shin Tae-yong.

"Saya sendiri belum dengar apa-apa. Masih ada kontrak setahun dua bulan lagi. Belum saatnya bicara perpanjang kontrak atau tidak," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya