Menatap Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Tanpa Uji Coba

Timnas Indonesia saat melawan Curacao
Sumber :
  • twitter.com/PSSI

VIVA Bola – Piala AFF 2022 akan dilangsungkan pada Desember 2022 mendatang. Pelatih Shin Tae-yong harus membagi fokusnya karena akan memimpin pemusatan latihan Indonesia U-20 juga.

FIFA Terang-terangan Puji Timnas Indonesia

Pemusatan latihan Indonesia U-20 akan dimulai pada 10 Oktober hingga 4 Desember 2022. Itu artinya setelah kembali dan langsung memimpin Timnas senior, waktunya tidak banyak.

Saya bersama Tim U-20 akan pemusatan latihan sampai 4 Desember. Jadi tidak ada pemusatan latihan untuk senior," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai melawan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa malam WIB 27 September 2022.

Demi Tugas Negara, Atlet Sepakbola dan Bulutangkis Indonesia Rela Lebaran di Negeri Orang

Merujuk jadwal Indonesia di Piala AFF nanti, laga perdana di Grup A akan dimulai pada 23 Desember 2022. Di mana Skuad Garuda menjadi tuan rumah menjamu Kamboja.

Timnas Indonesia usai melawan Curacao

Photo :
  • twitter.com/PSSI
Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024

Itu artinya masih ada waktu setidaknya dua pekan untuk Shin Tae-yong mulai fokus ke Timnas senior. Tapi ada alasan yang membuatnya sulit untuk bisa menggelar pemusatan latihan.

Dan bukan cuma soal pemusatan latihan menatap Piala AFF 2022 yang menurut Shin Tae-yong tidak akan ada. Uji coba untuk mengukur kekuatan tim pun nampaknya tidak dia adakan juga.

"Begitu juga dengan uji coba. Apalagi ini bukan FIFA Matchday, jadi kita tidak bisa panggil pemain di luar negeri. Tidak ada uji coba sebelum AFF," tuturnya.

Timnas Indonesia Sudah Lebih Baik

Pratama Arhan dalam laga Indonesia vs Curacao

Photo :
  • pssi.org

Salah satu pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan kemungkinan besar akan kembali dipanggil untuk Piala AFF 2022. Dia berjanji akan menjaga performa terbaik, meski di klubnya, Tokyo Verdy jarang mendapat menit bermain.

"Saya di sana nanti cuma latihan dan kerja keras dan menunjukkan yang terbaik saja. Biar perkembangan permainan saya lebih lagi," kata Arhan.

Mantan pemain PSIS Semarang itu menilai, skuad Indonesia sekarang ini sudah semakin kompak. Itu terlihat dari dua kemenangan atas Timnas Curacao dalam laga FIFA Matchday.

"Saya merasa satu tim ini sudah jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Sudah bisa dibilang klop satu sama lain," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya