Gagal ke Piala Asia, Timnas Indonesia U-17 Maklumi Kekecewaan Fans

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (kiri)
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal melenggang ke Piala Asia U-17 2023. Garuda Asia kalah saing dalam perebutan enam runner up terbaik.

Indonesia harus menunggu persaingan runner up terbaik usai kalah 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022. Armada Bima Sakti pun harus puas menjadi runner up Grup B.

Malaysia berhak lolos ke Piala Asia U-17 usai memuncaki grup B dengan 10 poin dari empat laga. Sedangkan Indonesia di posisi kedua dengan 9 poin.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Sayang, dalam tabel runner up terbaik, Indonesia hanya mampu bertengger di posisi ketujuh. Indonesia kalah bersaing dengan Laos yang berhasil menempat posisi keenam runner up terbaik. 
Sebagai catatan, dua hasil Indonesia melawan dua peringkat terbawah Grup B tidak dihitung. Itu yang membuat Indonesia memiliki selisih gol minus. 

Indonesia hanya kalah selisih satu gol dengan Laos. Selisih gol Laos adalah minus 2, sedangkan Indonesia minus 3. 

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Andai Indonesia mencetak satu gol tambahan melawan Malaysia, armada Bima Sakti yang lolos.

Indonesia U-17 vs Malaysia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Indonesia menunggu hasil Arab Saudi vs India untuk melihat kepastian runner up terbaik. Namun, India hanya kalah 1-2, sehingga peluang lolos lewat jalur ini pun sirna.

Maklumi Kekecewaan

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti menganggap wajar kritik untuk skuadnya melalui media sosial setelah kalah 1-5 dari Malaysia pada laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu malam 9 Oktober 2022.

"Saya pikir itu wajar. Kami meminta kepada pemain untuk menanggapi semuanya dengan positif," ujar Bima usai pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Menurut juru taktik berusia 46 tahun tersebut, ketidakpuasan masyarakat atas performa timnas U-17 tidak lepas dari adanya rindu akan prestasi tinggi sepak bola Indonesia.

Oleh sebab itu, Bima Sakti berharap anak-anak asuhnya tetap tegar menghadapi kekecewaan masyarakat. Apalagi, kekalahan dari Malaysia membuat Indonesia tidak dapat melaju ke Piala Asia U-17 2023.



"Saya berharap para pemain tidak terpengaruh," kata pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 itu.
(Ant)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya