Ramai Petisi Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI, Menpora Amali: Bukan Urusan Pemerintah

Mochamad Iriawan (kiri) dan Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA Bola – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, angkat bicara mengenai petisi dari masyarakat agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mundur dari jabatannya. Menurutnya, pemerintah tidak bisa mengintervensi kalau bicara soal organisasi di federasi. 

Sejauh ini sudah terdapat 26.000 lebih tanda tangan petisi lewat laman Change.org mendesak sosok yang biasa disapa Iwan Bule itu mundur dari jabatannya sebagai ketua umum PSSI.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Iwan Bule

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pengakuan Jujur Shin Tae-yong soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Desakan mundur muncul imbas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang di Malang, Jawa Timur, Sabtu 1 Oktober 2022. Petisi pertama datang dari praktisi hukum Emerson Yuntho.

Menanggapi petisi ini, Menpora Amali menegaskan bahwa pihaknya tak mau mengintervensi soal organisasi di tubuh federasi. Terlebih, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memfasilitasi hal itu melalui Undang-Undang No.11 tahun 2022 tentang Keolahragaan.

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

"Ya, saya kira sekali lagi tidak mungkin bisa masuk di dalam urusan itu. Tidak mungkin kita melalui intervensi-intervensi terhadap mereka," ujar Menpora Amali kepada wartawan di Auditorium Kemenpora, Senin 10 Oktober 2022.

"Terhadap dunia keolahragaan, pemerintah memfasilitasi dan memberikan bantuan dengan apa yang dibutuhkan. Tentu kita sudah punya pijakan kita, yaitu Undang-Undang No.11 tahun 202 tentang keolahragaan," sambungnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali.

Photo :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

Lebih lanjut, Menpora Amali menambahkan bahwa urusan federasi nasional sudah federasi internasional menaunginya. Makanya, jelas Amali, pemerintah tidak akan ikut campur terhadap urusan internal dari federasi masing-masing.

"Urusan federasi nasional ada federasi internasionalnya. Nah, pemerintah memberikan yang terbaik untuk olahraga Indonesia tanpa harus mencampuri urutan internal dari federasi masing-masing. Bukan hanya sepakbola tapi cabor lainnya kita perlakukan hal yang sama," kata Menpora Amali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya